Advertisement

Sejumlah Wilayah di DIY Dilanda Hujan hingga Malam Ini, Begini Penjelasan BMKG

Arief Junianto
Minggu, 08 September 2024 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Sejumlah Wilayah di DIY Dilanda Hujan hingga Malam Ini, Begini Penjelasan BMKG Hujan terjadi di sejumlah wilayah di DIY. - BMKG

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah wilayah di DIY mulai dilanda hujan, Minggu (8/9/2024) sedari sore hingga malam ini. Hanya saja, hujan itu masih berintensitas rendah.

Hingga Minggu malam, terpantau sejumlah wilayah di Kota Jogja, Bantul, dan Sleman. Tak hanya rintik hujan, awan hujan juga terpantau di langit Jogja beberapa waktu ini.

Advertisement

Stasiun Meteorologi BMKG DIY menuturkan ada sejumlah penyebab munculnya hujan. Salah satunya Madden Julian Oscillation (MJO) fase 5 yang berperan membentuk awan hujan.

"Terpantau MJO aktif pada fase 5. Aktifnya MJO berkaitan dengan potensi peningkatan pembentukan awan hujan," jelas Kepala Stasiun Meteorologi BMKG DIY Warjono melalui keterangan tertulisnya, Minggu (8/9/2024).

Selain itu juga terpantau adanya pusat tekanan rendah di perairan sebelah barat Pulau Sumatra. Pola angin di atas wilayah Jawa dan khususnya DIY masih didominasi angin timuran dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Sehingga potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY cukup signifikan. Ini pula yang menyebabkan awan hujan terlihat dalam beberapa hari belakangan ini hingga ke depan," katanya.

Berdasarkan data ini, BMKG DIY memprediksi munculnya hujan selama tiga hari ke depan. Potensi hujan intensitas ringan terjadi antara 9-11 September 2024. Potensi terjadi di kawasan Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

Atas kondisi ini pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Baik dari unsur pertanian maupun kebencanaan. Kaitannya adalah upaya mitigasi dari segala aspek. "Tanggal 9 September 2024 potensi hujan ringan di Sleman, Kulonprogo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara. Lalu 10 September potensi hujan ringan di Sleman dan Kulonprogo bagian utara, sementara 11 September potensi hujan ringan di Sleman bagian utara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,1 Guncang Papua

News
| Selasa, 17 September 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement