Advertisement

Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS DIY, Ini Formasi Kosong Pelamar

Yosef Leon
Selasa, 10 September 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS DIY, Ini Formasi Kosong Pelamar Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY mencatat sampai dengan 9 September kemarin total ada sebanyak 7.564 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang membuat akun dan 6.119 pendaftar yang tercatat di rekrutmen CPNS tahun ini. 

Proses rekrutmen CPNS diketahui hari ini memasuki hari terakhir pendaftaran sampai dengan pukul 23.59 WIB. Tahap ini diperpanjang selama empat hari lantaran banyaknya pendaftar yang terkendala pada e-materai. 

Advertisement

Kepala BKD DIY Amin Purwani menjelaskan, dari 378 formasi yang dibuka pihaknya jabatan auditor menjadi yang paling banyak diminati dengan jumlah pelamar mencapai 400 orang. Sementara formasi yang sepi peminat adalah pengelola barang terampil di sekolah. 

BACA JUGA : Kanwil Kemenkumham DIY Minta CPNS Tak Tergoda Iming-Iming Jaminan Lulus

"Kemungkinan formasi pengelola barang terampil di sekolah itu kosong karena kualifikasi pendidikannya D3 manajemen aset dan itu hanya ada di STAN, yang di UGM sudah berubah jadi D4," katanya, Selasa (10/9/2024). 

Menurut Amin, pelamar CPNS di DIY termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia. Hal ini disebabkan jumlah formasi yang disediakan juga cukup banyak dengan total 378. Sementara kabupaten kota lain yang ada di wilayah setempat jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan DIY.

"Kabupaten kota lain seperti Sleman dan Bantul paling hanya 100 an formasi sementara Kota Jogja itu 10 dan paling banyak DIY 378," ujarnya. 

Amin menambahkan, para pelamar CPNS hanya mengeluhkan soal pembubuhan e-materai pada syarat pendaftaran saat melakukan pendaftaran CPNS. Hal lain yang diatur dalam persyaratan disebutnya tidak menjadi kendala bagi para pelamar.

"Hanya soal e-materai dan kemudian dari Panselnas kan memperbolehkan pakai materai tempel," katanya. 

Amin mengimbau kepada para pelamar untuk mengatur ritme pendaftaran jika belum melengkapi syarat pendaftaran. Di hari terakhir pendaftaran biasanya banyak pelamar yang menyelesaikan proses administrasi pendaftaran, sehingga ditakutkan bakal membuat server mengalami gangguan.

"Pelamar mungkin bisa menyesuaikan ritme waktunya saja, mereka cari waktu yang tepat agar lancar," ungkapnya. 

BACA JUGA : CPNS Kulonprogo 2024: Ribuan Pendaftar Belum Submit, 4 Formasi Masih Nihil Pendaftar

Setelah pendaftaran tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi pada 20 Agustus-17 September 2024; pengumuman hasil seleksi administrasi 14-19 September 2024 dan konfirmasi penggunaan nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tahun anggaran 2023 oleh peserta seleksi 18-28 September 2024. Kemudian dilanjutkan tahapan masa sanggah 20-22 September 2024; jawab sanggah 20-24 September 2024; pengumuman pasca masa sanggah 23-29 September 2024. 

"Lokasi ujian dilakukan di kantor BLPT DIY di Kyaimojo, Jetis. Semua kabupaten kota dipusatkan di sana dan tinggal jadwalnya saja yang diatur," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Vladimir Putin Keluarkan Dekrit, Perintahkan Penambahan Jumlah Tentara

News
| Selasa, 17 September 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement