Advertisement

Bawaslu Kulonprogo Butuh Ratusan Orang untuk Jaga TPS Pilkada

Triyo Handoko
Kamis, 12 September 2024 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Bawaslu Kulonprogo Butuh Ratusan Orang untuk Jaga TPS Pilkada Apel petugas pengawas pemilu dari seluruh Kulonprogo yang dipimpin Bawaslu.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Terbitnya Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo harus segera merekrut ratusan orang sebagai persiapan Pilkada.

Rekrutmen petugas pengawas TPS (PTPS) ini membutuhkan 754 orang yang akan diterima dan bertugas menyukseskan jalannya Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Kulonprogo, Marwanto menjelaskan pada Kamis (12/9/2024) bahwa masa pendaftaran itu sudah mulai dilakukan dan ditutup pada 28 September mendatang.

Advertisement

Syarat menjadi PTPS itu antara lain mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, mampu secara jasmani rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba, bersedia bekerja penuh waktu, dan tidak mempunyai ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Marwanto menyebut Panwaslu di tiap kapanewon di Kulonprogo juga sudah membentuk panitia rekrutmen PTPS. "Meski sudah membentuk panitia yang beranggotakan komisioner dan sekretariat Panwaslu Kecamatan, namun Panwaslu Kecamatan dapat menugaskan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa untuk menerima berkas pendaftaran," terangnya.

BACA JUGA: Bong Suwung Jogja Segera Dikosongkan, Warga Mengadu ke Kompleks Kepatihan

Setelah pendaftaran ditutup, jelas Marwanto, proses seleksi dilakukan dengan meverivikasi administratif pendaftar. Selanjutnya pendaftar yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara. "Targetnya dilantik pada awal November agar bisa segera bertugas saat Pilkada," kata Marwanto.

Tugas utama PTPS yang sedang direkrut Bawaslu Kulonprogo, lanjut Marwanto, mengawasi jalannya persiapan pembentukan TPS, saat pencoblosan, hingga perhitungan suara.

"Peran ini sangat penting sehingga kami harap masyarakat turut berpartisipasi agar Pilkada sukses dan mendapat pemimpin yang berkualitas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Meminta Keterangan ke Kaesang Terkait Kronologi Pelaporan Penerimaan Gratifikasi

News
| Rabu, 18 September 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement