Advertisement

Jogja Spoor Festival 2024 Digelar di Balai Yasa Pekan Depan, Terbuka untuk Umum

Ujang Hasanudin
Sabtu, 14 September 2024 - 08:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jogja Spoor Festival 2024 Digelar di Balai Yasa Pekan Depan, Terbuka untuk Umum Arsip/Kegiatan Jogja Spoor Festival 2023 yang diselenggarakan di Balai Yasa Yogyakarta selama tiga hari, 29 September 2023 sampai 1 Oktober 2023. / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta kembali menggelar Jogja Spoor Festival (JSF) tahun ini. Kegiatan tahunan untuk memperingati HUT KAI ke-79 itu akan digelar pada 21-22 September 2024 di Balai Yasa, Jalan Kusbini, Demangan, Jogja.

Festival ini tidak hanya menyajikan sejarah perkeretaapian, namun ada 10 agenda dalam Jogja Spoor Festival 2024 selama dua hari ini, seperti tour kereta api diesel, rail library, lomba mewarnai, mini bioskop, lomba desain livery lokomotif.

Advertisement

Kemudian ada lomba mural, workshop tour rail clinic, pentas seni budaya, dan bazar ekonomi kreatif
(UMKM)

Penyelenggaraan event ini dilatarbelakangi oleh kesuksesan event Open House Balai Yasa Yogyakarta yang pernah diselenggarakan tahun 2022 lalu yang mendapatkan animo yang sangat tinggi dari masyarakat.

BACA JUGA: Libur Panjang Maulid Nabi, Ini Jadwal Bus Damri dari Bandara YIA ke Malioboro, Pantai Parangtritis, Pantai Baron Gunungkidul, dan Prambanan

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan melalui kegiatan tersebut KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa.

“Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan,” katanya.

Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muncul Isu Gempa Susulan Lebih Besar di Bandung, BMKG: Hoax!

News
| Rabu, 18 September 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement