Advertisement

Mengobati Rasa Rindu Masakan Sunda di Jogja

Sirojul Khafid
Minggu, 15 September 2024 - 08:47 WIB
Sunartono
Mengobati Rasa Rindu Masakan Sunda di Jogja Foto ilustrasi pedagang kaki lima makanan Indonesia. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rasa rindu kampung halaman bisa terobati dengan makanan. Warga Sunda yang berada di Jogja, saat homesick, tidak perlu harus pulang. Caranya cukup dengan datang ke warung makan khas Sunda.

Banyak perantau dari berbagai penjuru yang datang dan tinggal di Jogja. Beberapa di antaranya berasal dari Jawa Barat, yang mayoritas bersuku Sunda. Makanan Sunda dan Jogja cukup berbeda. Maka tidak heran apabila perantau Sunda rindu dengan makanan khas daerahnya.

Advertisement

Tentu akan susah apabila pulang hanya untuk makan siang, kemudian sorenya ke Jogja lagi. Solusinya yaitu mampir ke warung khas Sunda yang ada di Jogja. Di samping bisa mendapatkan rasa kenyang, setidaknya badan terobati akan rindunya masakan rumah.

Berikut tiga warung khas Sunda yang ada di Jogja.

Gubug Mang Engking

Mungkin Gubug Mang Engking menjadi warung populer yang menyediakan menu Sunda di Jogja. Tidak hanya makanan yang nikmat, namun tempatnya juga luas. Tersedia wahana bermain anak, sehingga warung ini cocok untuk makan bersama keluarga.

Menu utama di Mang Engking seperti udang, cumi, hingga kepiting. Semuanya dimasak dengan bumbu khas Sunda. Untuk harganya bervariatif, sesuai jenis dan porsinya. Gubug Mang Engking berada di Jalan Soragan Nomor 13, Kembang, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Jam operasionalnya mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Ikan Bakar Cianjur

Seperti namanya, restoran Ikan Bakar Cianjur berasal dari Cianjur. Sebelum membuka cabang di Jogja, warung ini sudah beroperasi di Surabaya, Semarang, dan Bali. Menu utama yang bisa pengunjung coba seperti aneka olahan ikan. Ada olahan ikan menjadi sup sampai bakar. 

Bumbu masakan di sini juga khas Sunda. Termasuk jangan lewatkan segala jenis lalapan yang semakin menandakan makanan Sunda. Menyantap makanan di Ikan Bakar Cianjur semakin asyik dengan iringan lagu Sunda. Warung ini berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar Nomor 23, Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Bumbu Desa

Restoran Bumbu Desa sudah beroperasi sejak 2008. Cabang di Jogja menjadi restoran yang ke-12. Pengunjung bisa mencicipi menu makanan khas desa. Ciri khasnya, makanan di sini sederhana namun memiliki rasa yang kaya. Salah satu menu andalannya berupa gurame cobek pedas.

Jangan lewatkan juga menjajal es goyobod, salah satu minuman khas Sunda. Bumbu Desa beralamat di Jalan Kartini Nomor 8, Terban, Gondokusuman, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai dari 10.00 hingga 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement