Advertisement

Pilkada Kulonprogo, KPU Butuh Ribuan Orang Jadi Panitia TPS

Triyo Handoko
Senin, 16 September 2024 - 10:17 WIB
Maya Herawati
Pilkada Kulonprogo, KPU Butuh Ribuan Orang Jadi Panitia TPS Petugas KPPS mengenakan kostum badut di TPS 4, RW 2, Bener, Tegalrejo. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO–Sebanyak 5.278 orang dibutuhkan untuk jadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kulonprogo pada gelaran Pilkada 2024 ini. KPU akan membuka pendaftaran bagi KPPS ini pada pertengahan September mendatang.

Ribuan orang untuk jadi KPPS itu akan bertugas di tiap TPS yang ada. Satu TPS akan diisi oleh tujuh orang petugas KPPS. Sementara jumlah TPS untuk Pilkada Kulonprogo sendiri sebanyak 754 unit.

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menjelaskan pendaftaran KPPS akan menggunakan dua sistem sekaligus yaitu daring dan luring. "Berkas pendaftaran dalam bentuk fisik yang nanti juga diunggah ke sistem," katanya.

BACA JUGA: Kafe di Sleman Diduga Eksploitasi Pekerja, Majelis Buruh Sebut Bisa Dikenakan Sanksi

Tahapan seleksi KPPS di Kulonprogo, jelas Budi, sesuai ketentuan yaitu tahap administratif dan wawancara. "Tahap administratif ini akan memverifikasi dokumen pendaftaran pelamar, hasilnya nanti akan diumumkan selanjutnya yang lolos akan diwawancara," jelasnya.

KPU Kulonprogo menargetkan KPPS untuk Pilkada ini dapat dilantik pada awal November mendatang. "Supaya bisa langsung bekerja mempersiapkan teknis TPS dan penyelenggaraan pencoblosan Pilkada nantinya," terangnya.

Rencananya KPPS ini akan bertugas selama sebulan dari 7 November hingga 8 Desember. "Karena butuh ribuan maka kami harap masyarakat juga turut berpartisipasi agar bisa jadi bagian penting untuk mensukseskan Pilkada 2024 ini," tandasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement