Advertisement

Unjaya Kukuhkan 674 Mahasiswa Baru Usai Latihan Bela Negara di Akademi Militer Magelang

Media Digital
Kamis, 19 September 2024 - 10:07 WIB
Ujang Hasanudin
Unjaya Kukuhkan 674 Mahasiswa Baru Usai Latihan Bela Negara di Akademi Militer Magelang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) dengan bangga mengukuhkan 674 mahasiswa baru setelah berhasil menyelesaikan serangkaian latihan fisik dan mental intensif di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Pengukuhan ini menjadi puncak dari kegiatan Sayamuda 2024, sebuah program yang dirancang untuk mempersiapkan generasi muda unggul dan berkarakter melalui pendidikan dan pelatihan militer. - Ist

Advertisement

JOGJA—Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) dengan bangga mengukuhkan 674 mahasiswa baru setelah berhasil menyelesaikan serangkaian latihan fisik dan mental intensif di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Pengukuhan ini menjadi puncak dari kegiatan Sayamuda 2024, sebuah program yang dirancang untuk mempersiapkan generasi muda unggul dan berkarakter melalui pendidikan dan pelatihan militer.

Upacara pengukuhan yang digelar pada 6 September 2024 di Kompi Kavaleri 2/Jayeng Rata Toh Raga (Kikav 2/JRTR), Demak Ijo, Sleman, DIY, dihadiri oleh Komandan Kikav 2/JRTR beserta jajarannya, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Unjaya, dan Rektor Unjaya, Prof. Dr. rer. nat. apt. Triana Hertiani, S.Si., M.Si.

Advertisement

Pengukuhan ini merupakan tanda bahwa para mahasiswa baru resmi menjadi bagian dari keluarga besar Unjaya, setelah melewati berbagai tahapan pelatihan yang bertujuan membentuk karakter tangguh dan patriotik. “Unggul dan terdepan tidak hanya dalam kecerdasan, prestasi, dan kompetisi di bidang akademik tetapi fisik dan mental yang sehat dan kuat serta karakter mulia nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani”, ujar Rektor Unjaya.

Tidak hanya upacara pengukuhan, puncak acara Sayamuda juga diisi kegiatan formasi papermob yang diikuti seluruh mahasiswa baru dengan semangat tinggi. Selanjutnya, mahasiswa baru juga berpartisipasi pada kegiatan UKM Fair dan Campus Tour, yang memberi kesempatan untuk mengenal lebih dekat organisasi-organisasi mahasiswa serta lingkungan Kampus 1 dan Kampus 2 Unjaya.

BACA JUGA: KISAH INSPIRATIF: Stirofoam Bekas Ubah Nasib Badari

Sebelum resmi dikukuhkan, mahasiswa baru Unjaya diwajibkan mengikuti pelatihan bela negara yang berlangsung dalam tiga periode, dari 19 Agustus hingga 5 September 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Melalui program Sayamuda, mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan dunia akademik, tetapi juga dibentuk menjadi pribadi yang tangguh, disiplin, dan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. "Suatu kebanggaan bagi saya bisa mengikuti kegiatan Sayamuda di Akmil, kami belajar kepemimpinan, kedisiplinan, dan kekompakan", ungkap Ilham, salah satu peserta Sayamuda.

Selama kegiatan di Akmil, para mahasiswa baru dibekali dengan berbagai materi yang bertujuan memperkaya wawasan serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia pendidikan tinggi dan global. Materi penting disampaikan oleh tokoh-tokoh terkemuka, seperti Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono, M.M., Ph.D., yang membahas sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Rektor Unjaya, Prof. Dr. rer. nat. apt. Triana Hertiani, S.Si., M.Si., juga memberikan materi tentang perguruan tinggi di era digital dan revolusi industri, sementara Wakil Rektor 1 Unjaya, Wenny Savitri, S.Kep., Ns., MNS, membahas peran penting seorang "Achmad Yani Muda" sebagai inspirasi untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas.

Di samping sesi materi, kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan fisik dan mental yang dipandu oleh para pelatih dari Akmil. Mahasiswa baru dilatih dalam berbagai kegiatan seperti wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Bela Diri Militer (BDM), outbound ketangkasan, serta Tata Upacara Militer (TUM). Latihan ini dirancang untuk membentuk karakter disiplin dan tangguh pada mahasiswa baru.

Unjaya dengan tiga fakultas unggulannya, yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, serta Fakultas Ekonomi dan Sosial, terus berkomitmen mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing global, tanpa melupakan nilai-nilai kejuangan yang diwariskan oleh Jenderal Achmad Yani. Masing-masing fakultas memiliki program studi unggulan yang dirancang untuk menjawab kebutuhan dunia kerja dan perkembangan zaman. Kegiatan Sayamuda 2024 ini menjadi langkah awal penting bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan akademik mereka, sekaligus mempersiapkan diri menjadi generasi muda yang unggul, dan berkarakter. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,3 Guncang Kota Padang Sidempuan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement