Advertisement

BEDAH BUKU: Masyarakat Diajak Perkuat Hubungan Baik antara Orang Tua dan Anak

Media Digital
Jum'at, 20 September 2024 - 22:57 WIB
Maya Herawati
BEDAH BUKU: Masyarakat Diajak Perkuat Hubungan Baik antara Orang Tua dan Anak Bedah buku dengan judul Wonderful Parent di Joglo Kalegan, Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jumat (20/9/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Anggota DPRD DIY bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY menggelar bedah buku berjudul Wonderful Parent di Joglo Kalegan di Jalan Waringin, Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman, Jumat (20/9/2024).

Lewat kegiatan ini, diharapkan relasi antara orang tua dan anak bisa semakin baik sehingga melahirkan generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia.

Advertisement

“Peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Jadi, hubungan yang ada harus diperkuat sehingga ada jalinan komunikasi yang baik,” kata salah seorang pembicara bedah buku, Umi Munawaroh.

Menurut dia, relasi yang baik bisa mendorong komunikasi berlangsung dua arah. Selain itu, tumbuh kembang anak bisa terpantau sehingga anak tidak salah pergaulan.

“Ini penting untuk menciptakan generasi muda yang unggul dan berakhlak baik. Agar bisa terwujud, maka harus dibarengi dengan doa terbaik kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Umi mengatakan ada tujuh tanda yang memperlihatkan hubungan anak dengan orang tua berjalan dengan baik.

Yakni, anak mampu berkomunikasi dengan terbuka; anak mudah menghormati orang lain; emosional terkontrol serta tidak mudah berpikiran negatif; anak bisa menyelesaikan masalah dengan cepat; mudah memaafkan; suka menghabiskan waktu dengan keluarga; menerima perbedaan, dan dapat memberikan dukungan atau pujian kepada orang lain.

“Buku ini bisa menjadi pedoman untuk belajar mengasuh dan menjalin hubungan yang baik dengan anak,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan. Menurut dia, lahirnya generasi muda yang unggul tidak lepas peran dari keluarga dan orang tua. “Harus saling bersinergi sehingga anak bisa tumbuh dengan baik,” katanya.

BACA JUGA: Wisata Kuliner, Berikut Ini Jajanan dari Semarang yang Wajib Dicoba Wisatawan

Menurut dia, hingga sekarang masih banyak masalah yang dihadapi dalam keluarga. Salah satunya angka perceraian di kisaran 5.000 kasus per tahun sehingga harus jadi perhatian agar keluarga yang dimiliki bisa tetap harmonis.

“Hubungan yang baik dalam keluarga sangat berperan dalam tumbuh kembang anak. Agar bisa menjalin keluarga yang harmonis, masyarakat bisa belajar lewat bedah buku ini,” katanya.

Sub Koordinator Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Hardi Nugroho, mengatakan bedah buku yang digelar merupakan kerja sama dengan DPRD DIY. Diharapkan dengan program ini bisa meningkatkan minat baca di masyarakat.

Selain itu, buku yang dibedah bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang baru sesuai dengan tema. “Untuk kali ini tentang Wonderful Parent, harapannya bisa memberikan wawasan tentang pembinaan dalam keluarga, khususnya mengasuh anak,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Undang-Undang Wantimpres Disahkan, Ini Daftar Pasal yang Dianggap Kontroversial

News
| Jum'at, 20 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement