Advertisement

100 Apoteker Baru USD Ikuti Sidang dan Pengambilan Sumpah/Janji

Media Digital
Selasa, 24 September 2024 - 21:17 WIB
Arief Junianto
100 Apoteker Baru USD Ikuti Sidang dan Pengambilan Sumpah/Janji Sidang Terbuka dan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan ke-47 yang digelar Universitas Sanata Dharma, Sabtu (21/9/2024). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar Sidang Terbuka dan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan ke-47, Sabtu (21/9/2024). Sebanyak 100 mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Profesi Apoteker USD ditemani oleh orangtua/wali mengikuti acara yang diselenggarakan di R. Drost, Kampus III, Paingan tersebut.

Sebelum pengambilan sumpah, lulusan harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan selama satu tahun dan telah lulus dalam beberapa uji dan tes. Hal ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Farmasi USD, Dr. apt. Dewi Setyaningsih.

Advertisement

"Semua yang ada di sini sudah lulus dan menjalani Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia [UKMPPAI] yang berbasis Computer Based Test (CBT) secara nasional pada 4 Agustus 2024 dan juga lulus ujian OSCE yang digelar 20-22 juli 2024. Dengan tes ini, disparitas lulusan dari perguruan tinggi yang berbeda-beda dapat dieliminasi sehingga stakeholders nantinya tidak pilih-pilih lulusan karena semuanya sudah memiliki dan memenuhi standar kompetensi yang diberikan oleh pemerintah yang mana didalamnya terdapat 652 jenis keterampilan yang wajib dimiliki," ucap dia melalui keterangan resmi, dikutip Selasa (24/9/2024).

Dalam sambutannya mewakili Rektor, Wakil Rektor IV USD, Caecilia Tutyandari, Ph.D. menuturkan rasa terima kasih karena sudah mempercayakan USD sebagai tempat para lulusan dan tetap membawa nilai USD dalam pekerjaan nanti.

"Sebelumnya kalian sudah meraih gelar S1 baik di USD maupun tidak, sekarang sudah bertambah gelar dan pencapaian kalian. Terima kasih sudah mempercayakan USD sebagai tempat pilihan anda dan saya berharap pendidikan satu tahun dapat menumbuhkan rasa sayang kalian pada almamater serta membawa nilai-nilai yang ditanamkan USD," tegasnya.

Para lulusan sudah siap untuk bersaing dan bekerja dimana pun tempat yang mereka inginkan. Kampus berharap mereka kembali ke daerah asal masing-masing sesuai anjuran pemerintah untuk berkontribusi bagi daerahnya masing-masing. Sejauh ini sudah ada 13 lulusan yang sudah mendapatkan pekerjaan dan yang lainnya akan segera menyusul.

Salah satu apoteker yang baru mengucapkan janji, apt. Ignatius Parahita Putranto S.Farm menuturkan bahwa kerja keras dan perjuangan yang dihadapi selama ini barulah awal perjalanan yang panjang dan menanti.

"Gelar yang kami dapatkan dengan penuh perjuangan dan rintangan telah kami lewati, tetapi masih permulaan dari apa yang kita nanti akan hadapi dan jalani. Terima kasih kepada orang tua dan keluarga kami masing-masing yang telah membantu dan menyemangati kami selama ini. Kami akan berusaha untuk orang berilmu yang mengilmukan orang lain, orang cerdas yang mencerdaskan orang lain dan jadi orang sukses yang menyukseskan orang lain," tegasnya.

Dengan bertambahnya 100 lulusan, Fakultas Farmasi USD telah menghasilkan 3575 apoteker yang berkarya di berbagai penjuru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Merapat ke Koalisi Prabowo? Puan: Tak Ada yang Tak Mungkin

News
| Selasa, 24 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement