Advertisement

ITNY Ciptakan Wisudawan Unggul, Adaftif dan Inovatif

Media Digital
Sabtu, 28 September 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
ITNY Ciptakan Wisudawan Unggul, Adaftif dan Inovatif Suasana wisuda Program Magister, Sarjana dan Diploma III ITNY periode September 2024 pada Sabtu (28/9/2024) di Sahid Raya Hotel & Convention, Sleman. -- Harian Jogja - Catur Dwi Janati 

Advertisement

ITNY Ciptakan Wisudawan Unggul, Adaftif dan Inovatif

 

Advertisement

SLEMAN—Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali memwisuda ratusan mahasiswanya dalam wisuda Program Magister, Sarjana dan Diploma III periode September 2024.

Rektor ITNY, Setyo Pambudi mengungkapkan wisuda kali ini diikuti sebanyak 416 orang. Dari jumlah tersebut 70 di antaranya berpredikat cumlaude.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Program Magister pada wisuda kali mencapai rata-rata 3,85 dan lama studi rata-rata dua tahun.

"Di Program Sarjana IPK rata-rata 3,17 masa studi 5,41 tahun, sedangkan di Program Diploma IPK rata-rata 3,88, lama studi 3,88 tahun," terang Setyo di Sahid Raya Hotel & Convention, Sleman, Sabtu (28/9/2024).

Di hadapan para wisudawan, Setyo mengatakan wisuda merupakan peristiwa akademik terakhir yang diikuti mahasiswa dalam menempuh suatu jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

Wisuda merupakan wujud peresmian bahwa mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di ITNY. Keberhasilan ini merupakan bukti kerja keras yang saudara lakukan," kata Setyo.

Setyo berharap ilmu yang didapatkan selama belajar di ITNY bisa bermanfaat bagi para wisudawan maupun masyarakat dan bangsa.

"Semoga semua yang telah diperoleh selama belajar di ITNY bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkarya di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Satu bulan lalu, tepatnya hari Rabu (21/8/2024), ITNY mendapat prestasi luar biasa di mana Prodi Magister Teknik Geologi, Prodi Teknik Geologi dan Prodi Teknik Mesin mendapatkan hasil akreditasi dari LAM Teknik dengan peringkat akreditasi Baik Sekali. Harapannya, pada akreditasi mendatang ketiga prodi tersebut lanjut Setyo bisa berpredikat Unggul.

"Untuk mengusahakan hal tersebut ITNY selalu berbenah diri untuk peningkatan mutu akademik dan kompetensi lulusan," ungkap Setyo.

Di bidang akademik, upaya peningkatan mutu akademik salah satunya dilakukan dengan membekali sertifikat kompetensi keahlian sesuai dengan bidang peminatannya untuk lulusan S1 dan D3.

Selain itu ITNY juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMK yang telah bekerja minimal dua tahun, lulusan D1-D4, lulusan LPK dan sejenisnya untuk meningkatkan jenjang pendidikannya melalui program RPL di ITNY.

Selain itu di bidang keuangan dan sumber daya, upaya peningkatan mutu telah dilakukan dengan menambah fasilitas laboratorium untuk pengembangan laboratorium Prodi Teknik Geologi dengan membangun Laboratorium Preparasi Batuan dan Laboratorium Geologi Lingkungan.

Institut juga merenovasi bangunan kampus di Jl Yos Sudarso sebagai kampus ke dua dan homebase Fakultas Vokasi dan Magister Teknik Geologi.

"ITNY juga memberangkatkan 17 Dosen untuk studi S3, sehingga diharapkan tiga tahun mendatang jumlah doktor menjadi 45 Doktor," tegasnya.

Sedangkan di bidang kemahasiswaan, alumni dan inovasi pada tahun 2024, ada lima tim dari mahasiswa ITNY yang lolos Program Kreatifitas Mahasiswa.

Pada aspek beasiswa ITNY menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa baru yang meliputi beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa ITNY dan beasiswa YPTN.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi di ITNY sebagai almamater tercinta. Saya berharap para wisudawan dapat terus berkarya, mengisi kehidupan dengan selalu belajar sepanjang hayat, belajar menyikapi masalah dengan cara kreatif dan inovatif," katanya.

Kepada para wisudawan Ketua Tim Kerja Kelambagaan LLDIKTI Wilayah V, Zanuwar Fahruzi mengucapkan selamat. Zanuwar berharap ilmu yang diperoleh selama megemban studi di ITNY dapat diaplikasikan agar dapat memberi manfaat.

"Hari ini kita tidak hanya merayakan capaian akademis tetapi juga momen berharga di mana wisudawan siap melangkah ke fase baru kehidupan," katanya. 

Salah satu wisudawan dari Prodi D3 Teknik Mesin, Fadhil Mufti Yusuf bahkan mendapatkan tawaran kerja sebelum resmi di wisuda. Menjalani wisuda pekan ini, Fadhil sudah harusvmenandatangani kontrak kerja pada pekan depan. Kemudahan mencari lapangan pekerjaan ini tak lepas dari bekal teori dan praktik serta pengalaman magang yang diperoleh Fadhil selama berkuliah di ITNY.

Fasilitas yang ada di ITNY lanjut Fadhil juga tergolong lengkap. Hal ini pula yang membuat Fadhil dapat mengakses berbagai pengetahuan di bidang teknik mesin.

"Pendidikan di kampus, praktik-praktiknya juga, banyak belajar tentang tanggung jawab kedisiplin, ke depannya di dunia kerja harus gimana apa yang harus dilakukan," ungkapnya.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah Dikabarkan Wafat Akibat Serangan Udara Israel

News
| Sabtu, 28 September 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement