Advertisement

Jaring Wisatawan Lebih Banyak, Dispar Jogja Pasang Citraleka WJNC di YIA

Media Digital
Senin, 30 September 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Jaring Wisatawan Lebih Banyak, Dispar Jogja Pasang Citraleka WJNC di YIA Instalasi citraleka WJNC 9 yang dipasang oleh Dispar Kota Jogja di salah satu sudut YIA, Senin (30/9/2024). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Dalam waktu dekat, Kota Jogja akan merayakan hari jadinya yang ke-268, tepatnya pada 7 Oktober mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja selalu dimeriahkan dengan salah satu gelaran yang ikonik, yakni Wayang Jogja Night Carnival (WJNC).

Event ini digelar dalam bentuk pertunjukan seni hasil kreasi 14 kemantren se-Kota Jogja. Masingmasing kemantren tersebut menampilkan berbagai potensi seni budaya yang dimiliki.

Advertisement

Setiap tahunnya, WJNC selalu mendapat perhatian dari wisatawan luar kota bahkan luar negeri. Oleh karena itulah, untuk kian menghidupkan gaung WJNC, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja memasang beberapa citraleka di Yogyakarta Interantional Airport (YIA).

Citraleka yang terpasang berupa photo booth, manekin, hingga hiasan tugu yang merepresentasikan kawasan Tugu dan pagelaran WJNC. Setidaknya ada dua titik yang menjadi citraleka WJNC.

Sekretaris Dispar Kota Jogja, Muhammad Zandaru menyebut, salah satunya dipasang di dalam tepatnya di dekat area bagasi. Sementara lainnya dipasang di sisi luar atau di dekat area penjemputan maupun akses ke kereta bandara. “Citraleka di YIA akan dipasang hingga 8 Oktober 2024,” ujar Zandaru, Senin (30/9/2024).

Sejauh ini, kata Zandaru, antusiasme wisatawan dari luar kota maupun luar negeri sangat tinggi. Beberapa mitra Dispar Kota Jogja seperti Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) bahkan sudah menerima berbagai permintaan informasi terkait dengan gelaran WJNC.

Sebagai catatan, pada gelaran sebelumnya, WJNC dihadiri oleh 40.000 penonton secara langsung dan 30.000 penonton yang menyaksikan via live streaming.

Nuansa Berbeda

Sementara untuk gelaran tahun ini, kata Zandaru, ada yang berbeda. Khusus untuk gelaran WJNC tahun ini, ada tambahan peserta dari beberapa kota lain. Di antaranya adalah Ponorogo (Jawa Timur); Kabupaten Barito Timur; Bandung, Jawa Barat, dan juga Semarang (Jawa Tengah).

Untuk itu, Zandaru turut mengajak masyarakat untuk bisa menyaksikan secara langsung pertunjukkan seni yang ditampilkan oleh 14 kemantren. “Kalau mau lebih nyaman bisa memakai gelang. Gelang itu mungkin dalam mingguminggu ini di-share saat mendaftar. Ada 1.500 yang bergelang gratis. Penonton bergelang akan mendapatkan lokasi yang lebih nyaman. Untuk lebih jelasnya, silakan simak lengkapnya di laman resmi WJNC Official,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelidikan Kasus Wakil Ketua KPK Alex Marwata oleh Polisi, Ini Tanggapan Lembaga Antirasuah

News
| Senin, 30 September 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement