Advertisement

Olimpiade bahasa dan Aksara Jawa: Siswa SMKN 1 Wonosari Jadi Juara OBAJ #2

Media Digital
Selasa, 08 Oktober 2024 - 05:17 WIB
Ujang Hasanudin
Olimpiade bahasa dan Aksara Jawa: Siswa SMKN 1 Wonosari Jadi Juara OBAJ #2 Para pemenang Olimpiade Bahasa dan Aksara Jawa 2 (OBAJ 2) berfoto bersama setelah penyerahan piala kejuaraan di Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Selasa (10/9). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Siswa SMKN 1 Wonosari menjadi juara dalam Olimpiade Bahasa dan Aksara Jawa #2 (OBAJ #2). Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMA/SMK DIY dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dalam mengadakan kegiatan tersebut.

Kepala Disdikpora DIY, Dr. Didik Wardaya, SE, M.Pd. mengatakan setelah melalui tiga babak, dewan juri memutuskan pemenang pertama OBAJ #2 adalah Dara Regita Cahyani, siswa SMK N 1 Wonosari; pemenang kedua Marsya Nur Alifah, siswa SMK Negeri 1 Girimulyo; pemenang ketiga Tectonicha Rizky Salsabila, siswa SMA Negeri 8 Jogja; pemenang harapan pertama Sukeni Widyastuti, siswa SMA Negeri 1 Kasihan dan pemenang harapan 2 Elisa Putri Maharani, siswa SMA Negeri 2 Ngaglik.

Advertisement

“Masing-masing pemenang mendapatkan trofi dan uang pembinaan yang diserahkan pada saat puncak perayaan Hari Literasi Internasional. Penyelenggaraan olimpiade ini adalah salah satu bentuk inovasi dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY agar pembelajaran bahasa dan aksara Jawa lebih menarik, relevan dan mudah dipelajari oleh siswa, sehingga harapan kami nantinya setiap siswa memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik dalam menggunakan bahasa serta aksara Jawa, tidak hanya sebagai mata pelajaran, tetapi juga sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari," terang Didik seusai menyerahkan piala kepada pemenang di Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Selasa (10/9).

BACA JUGA: Lazimkan Aksara Jawa secara Manual dan Digital, Disdikpora DIY Gelar OBAJ #2

Adapun juri babak final adalah Kepala Seksi Bahasa & Sastra Dinas Kebudayaan DIY, Setya Amrih Prasaja, SS; seniman dan pakar aksara Jawa, Joko Elisanto; perwakilan dari Komunitas aksara Jawa Segajabung, Arif Budiarto dan Erlin Aryulita. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi DIY, Drs. Beny Suharsono, M.Si; Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M.A.; Kepala DPAD DIY, Kurniawan, S.Sos, SE.Akt, Mec.Dev.; serta Kepala Disdikpora DIY beserta jajaran staf. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Imam Besar Masjid Nabawi Akan Jadi Katib Salat Jumat di Masjid Istiqlal

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement