Advertisement

Program Lansia Wirogunan Mendapat Apresiasi Internasional

Lugas Subarkah
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 06:37 WIB
Sunartono
Program Lansia Wirogunan Mendapat Apresiasi Internasional Kelurahan Wirogunan menerima kunjungan dari ICAI, Selasa (08/10/2024). - ist Wirogunan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Wirogunan Kota Jogja bersama Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) menerima Kunjungan dari ASEAN Centre for Active Ageing and Innovation (ACAI), Selasa (08/10/2024).

ACAI merupakan gabungan dari berbagai lembaga dan ahli yang memiliki program peningkatan kapasitas dalam mempromosikan penuaan sehat di kawasan ASEAN dengan mengadakan Expert Group Meeting on strategic mapping of global and regional aging policies and plans.

Advertisement

Kegiatan tersebut mempertemukan para ahli, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dari berbagai bidang untuk terlibat dalam diskusi mendalam tentang pemetaan strategis kebijakan dan rencana penuaan, baik secara global maupun di kawasan ASEAN.

Kunjungan ACAI di Kelurahan Wirogunan diawali dengan pertemuan dan kunjungan ke Puskesmas Mergangsan. Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Mergangsan, Pargiyat, menyampaikan penuaan penduduk atau population ageing menjadi isu yang krusial bagi negara di seluruh dunia termasuk kawasan Asia.

“Fenomena penuaan penduduk ini terjadi disertai dengan berbagai tantangan dan permasalahan sosio ekonomi yang perlu dihadapi bersama secara strategis. Penanganan isu kelanjutusiaan ini terwadahi oleh sejumlah inisiatif dan rencana aksi,” ujarnya dikutip Kamis (10/10/2024).

Program terkait lansia dan adaptasi perubahan iklim diperlukan untuk menjadi semakin adaptif dan responsif pada kebutuhan masyarakat, termasuk lanjut usia, yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, serta komunitas.

Untuk mendukung penuaan penduduk lanjut usia secara mandiri, sejahtera, dan tangguh dalam berbagai aspek kehidupan, diperlukan koordinasi strategis antara pemangku kepentingan terkait seperti pemerintah, non pemerintah.

Dalam presentasinya, Kepala Puskesmas Mergangsan, Risa Dhiana Permanasari, menyampaikan terkait kegiatan Puskesmas dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara umum dan sebagai PJP bagi Lansia di Wilayah Kemantren Mergangsan. “Keberadaan LLT Wira Wredha sangat membantu dalam kegiatan-kegiatan Puskesmas,” katanya.

Kunjungan dilanjutkan di Kelurahan Wirogunan dan LLT yang menampilkan berbagai kegiatan dan produk dari Lansia di Wilayah Kelurahan Wirogunan, seperti Produk Tas bahan baku daur ulang, minuman jamu Beras Kencur dan Kunir Asem, Bakpia, dan Shibori sekaligus mendemonstrasikan cara pembuatannya dari awal sampai jadi.

Lurah Wirogunan, Ibu Siti Mahmudah Setyaningsih, berharap bahwa kegiatan kunjungan dari beberapa negara dan instansi pemerintahan Pusat dan daerah di kelurahan Wirogunan menjadi motivasi bagi Kelurahan Wirogunan, khususnya LLT Wira Wredha

“Untuk terus meningkatkan pendampingan dan pemberdayaan kelanjutusiaan sekaligus untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Wirogunan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menlu: 2 Tentara Indonesia Luka Ringan Akibat Serangan Israel

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement