Advertisement

Cuaca Panas Menyala, Warga Diingatkan Jangan Lupa Minum Agar Tidak Dehidrasi

Newswire
Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Cuaca Panas Menyala, Warga Diingatkan Jangan Lupa Minum Agar Tidak Dehidrasi Ilustrasi cuaca panas. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga Bantul diminta untuk menjaga asupan air alias minum untuk mewaspadai dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan tubuh, serta masalah kesehatan lainnya, pada musim pancaroba dengan cuaca yang panas saat ini.

Imbauan ini dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.  "Dengan cuaca seperti ini, yang cukup panas yang tentunya dapat berpengaruh ke kondisi fisik masyarakat, yang kita khawatirkan terjadinya dehidrasi," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Agus Tri Widiyantara, di Bantul, Selasa (15/10/2024).

Advertisement

Selain dehidrasi atau kekurangan cairan akibat tubuh, kata dia, masyarakat juga diimbau waspadai terhadap sengatan panas matahari ke kulit tubuh, yang tentunya bisa menjadi permasalahan sendiri bagi mereka yang sensitif terhadap paparan sinar matahari.

"Saya harapkan masyarakat juga lebih berhati-hati, jangan terlalu banyak berada di luar rumah, di tempat terbuka dan berpotensi terkena sengatan panas matahari," katanya.

BACA JUGA: 7 SD dan 2 TK di Sleman Jadi Percontohan Makan Bergizi Gratis

Dia juga mengimbau masyarakat yang rutin menjalani aktivitas di luar ruangan atau kegiatan fisik lainnya sebanyak mungkin mengonsumsi air putih untuk menjaga cairan tubuh.

"Kemudian minum air jus buah, makan buah buahan dan lain sebagainya untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi," katanya.

Dia juga mengatakan, secara umum kasus kasus atau masalah kesehatan yang diperiksakan ke fasilitas kesehatan selama musim panas pada peralihan musim ini tidak ada peningkatan signifikan, namun masyarakat tetap diimbau berhati-hati.

"Kalau dulu kami sarankan minum air delapan gelas atau dua liter per hari, mungkin dengan kondisi seperti ini, masyarakat bisa lebih banyak lagi minum air putih biar tidak sakit, karena memang panas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Lengkap 107 Calon Pengisi Kabinet Prabowo, Ada Yovie Widianto dan Raffi Ahmad

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement