Advertisement

2 Hari Operasi Zebra Progo Digelar, 200 Lebih Pengendara di Gunungkidul Kena Tilang

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
2 Hari Operasi Zebra Progo Digelar, 200 Lebih Pengendara di Gunungkidul Kena Tilang Ilustrasi tilang kendaraan bermotor. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Polres Gunungkidul mencatat ada 273 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat yang terjaring Operasi Zebra Progo yang digelar sejak Senin-Selasa (14-15/10/2024). Operasi ini masih berlangsung hingga Minggu (27/10/2024).

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Kevin Ibrahim mengatakan kendaraan pelanggar mayoritas roda dua dengan jumlah total 221 unit. Adapun roda empat ada total 52 unit.

Advertisement

Jika melihat per harinya, pada Senin (14/10/2024) ada 101 kendaraan terkena tilang dan tidak ada laporan kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Sedangkan pada Selasa (15/10/2024) ada 172 kendaraan terkena tilang dan tidak ada laporan lakalantas.

Kevin menjelaskan ada delapan pelanggaran prioritas dalam Operasi Zebra Progo 2024, seperti berkendara di bawah umur, pengendara roda berboncengan lebih dari satu orang, pengendara tidak memakai helm SNI atau safety belt, melawan arus, pengendara melebihi batas kecepatan, menggunakan ponsel saat berkendara, dan kelengkapan kendaraan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.  “Paling mendominasi itu pengendara di bawah umur, terus tidak menggunakan safety belt, helm SNI, pelajar tetapi tidak punya SIM,” kata Kevin, Selasa.

Menurut Kevin pelanggaran yang cukup tinggi tersebut disebabkan lantaran kurang adanya kesadaran diri sendiri.

Dia menambahkan operasi pihaknya gelar di titik-titik yang berbeda-beda tiap harinya. Kevin mengimbau agar pengendara menaati peraturan lalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain. “Pengendara perlu mengecek surat-surat juga sebelum bepergian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Calon Menteri Tim Ekonomi di Kabinet Prabowo-Gibran

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement