Advertisement

Pilkada Bantul 2024 Diikuti 3 Paslon, Ini Visi Misi Tiap Paslon

Ujang Hasanudin
Senin, 21 Oktober 2024 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Pilkada Bantul 2024 Diikuti 3 Paslon, Ini Visi Misi Tiap Paslon Tiga pasangan calon bupati dan wakil Bupati Bantul menunjukan nomor urutnya di KPU Bantul, Senin (23/9 - 2024). / Ist / KPU Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) kepala daerah dalam Pilkada Bantul 2024. Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul 2024 itu juga sudah mendapatkan nomor urut.

Nomor urut 01 adalah Paslon Untoro Hariadi dan Wahyudi Anggoro Had yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB)i. Nomor urut 02, yakni Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta, yang diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, Buruh, Gelora, PKN, garuda, dan PSI.

Advertisement

Sementara pasangan nomor urut 03, yakni Joko Budi Purnomo dan Rony Wijaya Indra Gunawan, diusung PDI Perjuangan, PPP, Demokrat, dan PKS.

Ketiga pasangan calon tersebut telah mengirimkan visi misi dan program prioritas sebagai syarat pencalonan ke KPU Bantul. Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Bantul Mestri Widodo mengatakan mengatakan sebelum penetapan paslon, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, utamanya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul terkait dengan visi misi yang diusung para paslon agar sesuai dengan pembangunan Kabupaten Bantul, baik pembangunan jangka menengah maupun pembangunan jangka panjang.

Berkut adalah visi dan misi tiap pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul 2024:

1. Untoro Hariadi - Wahyudi Anggoro Hadi

 VISI:

Terwujudnya masyarakat Bantul yang unggul, sejahtera, dan berbudaya istimewa melalui pemerintahan yang bersih, transparan, dan amanah dengan bersendikan pada  nilai-nilai agama, keadilan, solidaritas, demokrasi, kesetaraan gender, dan kelestarian lingkungan.

MISI 

  1. Membangun kepemimpinan yang efektif untuk mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang bersih, transparan, tanggap, dan amanah.
  1. Memperkuat kewargaan melalui restorasi sosial guna mewujudkan Sumber  Daya Manusia yang sehat, cerdas, berbudi luhur, dan tangguh.
  1. Peningkatan dan pemerataan infrastruktur publik, ekonomi, dan  kewirausahaan dalam kelembagaan ekonomi inklusif dan kompetitif untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
  1. Peningkatan infrastruktur teknologi, informasi, dan data yang terintegrasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.
  1. Melindungi dan memulihkan ekosistem alami untuk menjaga keseimbangan  lingkungan, adaptasi perubahan iklim, dan ketangguhan terhadap bencana.
  1. Memperkuat akses, keberagaman, dan partisipasi warga yang berkualitas  dalam kebijakan publik.

BACA JUGA: Gandeng Berbagai Pihak, KPU Bantul Susun Materi Debat Paslon Pilkada 2024

2. Abdul Halim Muslih - Aris Suharyanta

VISI:

Terwujudnya Kabupaten Bantul yang Maju, Kuat, Demokratis dan Sejahtera dalam  Bingkai Keberagamaan dan Budaya Istimewa 

MISI:

  1. Mewujudkan transformasi sumber daya manusia menuju masyarakat yang  tangguh, produktif dan berdaya saing. 
  1. Mewujudkan transformasi birokrasi yang kreatif, inovatif dan kolaboratif untuk  tata kelola pelayanan publik yang berkualitas dan berkeadilan
  1. Mewujudkan transformasi ekonomi berbasis sumber daya lokal yang  mengadopsi teknologi dengan manajemen rantai pasok yang efisien untuk  mencapai nilai tambah produk yang tinggi 
  1. Mewujudkan transformasi sosial budaya untuk menguatkan masyarakat  guyub rukun dan gotong royong untuk meningkatkan martabat kemanusiaan.
  2. Mewujudkan transformasi digital menuju Bantul Kota Cerdas.
  3. Mewujudkan transformasi pembangunan infrastruktur daerah yang berbasis  kalurahan, kawasan perdesaan, kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), kawasan aglomerasi perkotaan dan kawasan pantai selatan.
  4. Mewujudkan transformasi pembangunan sarana prasarana yang ramah  lingkungan dan berkelanjutan untuk mendukung sektor pariwisata minat  khusus.

3. Joko B Purnomo - Rony Wijaya Indra Gunawan

VISI:

Membangun masyarakat adil makmur, maju, sejahtera, dan berkeadilan

MISI :

  1. Meningkatkan Pembangunan Manusia yang produktif, berkualitas dan  berkepribadian. 
  1. Memastikan akses kesehatan guna menciptakan masyarakat Kabupaten  Bantul yang sehat jasmani dan rohani.
  1. Mewujudkan Keadilan sosial melalui kebijakan yang memperkuat kapasitas  ekonomi rakyat.
  2. Membangun kemandirian daerah berbasis potensi sumber daya lokal. 
  3. Setya pada amanat penderitaan rakyat (ampera), Pancasila, UUD 1945, menjunjung tinggi hukum demi menjamin hak-hak rakyat serta menjalankan  tata pemerintahan daerah yang bersih, bebas dari korupsi dan berkeadaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dulu Korban Penculikan pada 1998, Kini Mugiyanto Jadi Wakil Menteri HAM

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement