Advertisement

Padat Karya di Sendangsari Serap Tenaga Kerja Difabel dan Perempuan

Triyo Handoko
Rabu, 23 Oktober 2024 - 08:17 WIB
Ujang Hasanudin
Padat Karya di Sendangsari Serap Tenaga Kerja Difabel dan Perempuan Suasana pengerjaan program padat karya di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Program padat karya di Kulonprogo terbukti tingkatkan pembangunan hingga tingkat padukuhan. Serapan tenaga kerja juga makin maksimal bahkan melibatkan kelompok difabel dan perempuan seperti di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih.

Di Senangsari terdapat tujuh titik yang dilakukan padat karya. Sumber pendanaanya dari APBD Kulonprogo di dua titik dan lima lainnya menggunakan Dana Keistimewaan pada 2024 ini.

Advertisement

Rata-rata padat karya yang dilakukan di satu titik bernilai Rp100 juta yang digunakan untuk pengerjaan proyek pembangunan jalan atau gorong-gorong untuk saluran air. Lurah Sendangsari, Suhardi menjelaskan pada Selasa (22/10/2024) bahkan pelibatan kelompok difabel dan perempuan ini dilakukannya sesuai kapasitas tiap individu dalam kelompok tersebut.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA 4 Kalurahan Ini Belum Jelas, Warga Mulai Gusar

Suhardi mencontohkan kerja yang dilakukan difabel dan perempuan dalam padat karya seperti membantu pengukuran, menata awal lahan sebelum dikerjakan, hingga pendataan harian. "Kalau pekerjaan yang berat-berat paling mengangkut material, itu juga disesuaikan dengan kemampuannya tidak berat-berat," paparnya.

Padukuhan yang disasar program padat karya di Sendangsari ini, jelas Suhardi, antara lain Kroco, Paingan, dan Girinyono. "Semuanya berjalan lancar, kami juga sudah usulkan untuk yang 2025 pada padukuhan lain agar kedepan makin merata," jelasnya.

Lurah Sendangsari ini menerangkan program padat karya terbukti ampuh menyerap tenaga kerja dari warganya sendiri yang berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan. "Warga yang terlibat kebanyakan buruh harian lepas dan petani kecil, sehingga lewat padat karya ini punya penghasilan tambahan, kedepan harapan kami bisa lebih banyak lagi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Bongkar Jaringan Fredy Pratama, Bakal Selundupkan 70,76 kg Sabu

News
| Rabu, 23 Oktober 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement