Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA 4 Kalurahan Ini Belum Jelas, Warga Mulai Gusar

Triyo Handoko
Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA 4 Kalurahan Ini Belum Jelas, Warga Mulai Gusar Ilustrasi area proyek pembangunan tol Jogja-Solo. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembebasan lahan terdampak Tol Jogja-YIA di Kulonprogo belum menunjukan progres signifikan hingga Selasa (22/10/2024), terutama untuk ruas Kapanewon Sentolo hingga Wates. Dari tujuh kalurahan yang akan dilewati proyek tersebut, baru empat kalurahan yang sudah menggelar musyawarah nilai ganti rugi lahan terdampak.

Belum adanya progres pembebasan lahan terdampak Tol Jogja-YIA ini membuat warga terdampak merasa kebingungan. Seperti yang terjadi di Kalurahan Sendangsari, di mana prosesnya masih penilaian harga tanah oleh tim appraisal.

Advertisement

Lurah Sendangsari, Suhardi menerangkan dari tiga padukuhan yang terdampak Tol Jogja-YIA di wilayahnya itu terdapat satu padukuhan yang belum dilakukan penilaian harga tanah.

Sementara dua padukuhan lain yang sudah ditinjau tim appraisal adalah Paingan dan Klegen. Adapun, Padukuhan Serang yang juga terdampak tapi belum ada proses penilaian harga yang mulai bekerja.

Hasil dari appraisal untuk menentukan ganti rugi di dua padukuhan tersebut, jelas Suhardi, juga belum diumumkan. "Masyarakat juga belum tahun terutama yang terdampak, kami penginnya segera saja agar masyarakat juga tidak bertanya-tanya terus atau waswas," ucap dia.

Suhardi yang juga salah satu lahannya terdampak Tol Jogja-YIA ini menerangkan penilaian harga di Padukuhan Serang yang belum dilakukan tim appraisal itu menurutnya akan dilakukan akhir bulan ini. "Info kemarin seperti itu kalau yang di Serang yang belum dinilai itu, kami juga berharap segera saja agar masyarakat juga lebih tenang," kata dia.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah BPN Kulonprogo, Ade Setiya Budi membenarkan progres pembebasan memang belum ada sejak musyawarah ganti rugi pada empat kalurahan sejak akhir September lalu.

Keempat kalurahan yang sudah mengetahui nilai ganti rugi lahan terdampak Tol Jogja-YIA tersebut adalah Banguncipto dan Kaliagung di Kapanewon Sentolo serta Pengasih dan Karangsari di Kapanewon Pengasih.

BACA JUGA: Pencairan Uang Ganti Rugi 66 Bidang Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Sedayu Belum Pasti Waktunya

Ade menjelaskan BPN Kulonprogo bertugas sebagai pelaksana saja yang mana kebijakan atau keputusan lainnya mengikuti pemrakarsa dan lembaga lainnya yang lebih berwenang.

"Terkait dengan kapan pastinya akan pembayaran ganti rugi dan daerah yang belum musyawarah ganti rugi kapan dilakukannya kami belum tahu persisnya, karena ketugasan kami pelaksana keputusannya di pemerkarasa," kata Ade.

Sejauh ini lahan terdampak Tol Jogja-YIA yang sudah dilakukan musyawarah ganti rugi, jelas Ade, sebanyak 267 bidang di lima padukuhan pada empat kalurahan di atas. "Segera jika sudah ada jadwal pasti kami langsung fasilitasi proses-proses tersebut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TNI Bakal Siapkan Tiga Kandidat untuk Jadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 19:22 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement