Advertisement

Realisasi DAK Fisik Kulonprogo Baru Mencapai Rp38,8 Miliar, Ini Langkah yang Dilakukan BKAD

Triyo Handoko
Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Realisasi DAK Fisik Kulonprogo Baru Mencapai Rp38,8 Miliar, Ini Langkah yang Dilakukan BKAD Ilustrasi. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Realisasi penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik di Kulonprogo hingga Oktober 2024 baru mencapai Rp38,8 miliar dari total nilai kontrak yang digelontor pemerintah pusat sebanyak Rp77,2 miliar.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo, Nurwidiyanti menjelaskan bahwa pihaknya optimis seluruh kontrak DAK Fisik akan terserap 100%. "Memang pada sampai Oktober ini baru Rp38,8 miliar, tapi kami optimis untuk Tahap III nanti seluruhnya akan terserap," jelasnya pada Kamis (24/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Perusahaan Fesyen di Kulonprogo PHK 814 Karyawan, Disnakertrans Jamin Hak-hak Pekerja

BKAD, yang mengerjakan administrasi keuangan DAK Fisik sudah berkoordinasi dengan dinas-dinas pengguna anggaran agar segera merealisasikannya. Pasalnya, tenggat waktu realisasi DAK Fisik berakhir pada pertengahan Desember sedangkan kontrak mulai dikerjakan pada April lalu.

Menurut Widiyanti, secara administratif keuangan dalam realisasi DAK Fisik ini diklaim berjalan lancar sesuai aturan dan tahapan yang ada. "Evaluasi realisasinya ada di Bappeda kami hanya bagian keuangannya saja dan sejauh ini lancar," katanya.

Dia menerangkan DAK Fisik 2024 yang dianggarkan pemerintah pusat untuk Kulonprogo sebesar Rp84,6 miliar sesuai peraturan presiden saat itu. "Lalu dalam realisasinya terutama kontrak totalnya jadi Rp77,2 miliar, nilai ini jadi pagu utama DAK Fisik Kulonprogo," ungkapnya.

Dinas yang paling banyak menggunakan DAK Fisik 2024 ini, lanjut Widiyanti, adalah Dinas Kesehatan sebesar Rp36,8 miliar, lalu Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman sebesar Rp20,5 miliar, dan Dinas Koperasi dan UMKM sebanyak Rp8,8 miliar.

"Koordinasi kami dengan dinas terkait pengguna DAK Fisik berjalan baik, serapan baru setengah dari pagu total ini karena pengerjaan realisasinya di akhir tahun," terangnya.

Widiyanti menyebut dinas-dinas terkait perlu segera merealisasikannya sesuai garis waktu perencanaan mengingat tenggat yang sudah mulai dekat. "Pesan kami juga agar menyusun laporan dengan baik agar mendapat penilaian positif dari pemerintah pusat supaya mendapat jatah DAK Fisik lebih besar kedepannya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hadapi Tantangan Geografis, PAFI Kabupaten Nduga Pastikan Distribusi Obat Tetap Lancar

News
| Kamis, 24 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement