Advertisement

Sekretariat DPRD Melaunching Aplikasi Senar Gitar, Ini Tujuannya

Media Digital
Sabtu, 26 Oktober 2024 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Sekretariat DPRD Melaunching Aplikasi Senar Gitar, Ini Tujuannya Suasana Launching dan sosialisasi Aplikasi Senar Gitar di Ruang Bapemperda DPRD Kabupaten Sleman, Kamis (24/10 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–DPRD Sleman melaunching sistem layanan Senar Gitar atau Strategi Pelayanan Agenda DPRD dan Kegiatan Sekretariat DPRD. Aplikasi ini merupakan bentuk strategi inovasi teknologi informasi dan aplikasi perkantoran yang dilakukan DPRD Sleman.

Keberadaan aplikasi Senar Gitar ini bertujuan agar semua pemangku kepentingan memahami agenda DPRD dan kegiatan Sekretariat DPRD dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dimiliki Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman. Aplikasi ini dibentuk karena keterbatasan kompetensi pegawai dalam pemanfaatan teknologi informasi dan aplikasi perkantoran.

Advertisement

Dalam sambutannya Sekretaris DPRD, Muhamad Aji Wibowo mengatakan pihaknya mendukung sistem informasi ini sebagai upaya mempermudah pelayanan, karena sebuah aplikasi diciptakan untuk mempermudah layanan, bukan menyulitkan.

"Harapannya aplikasi Senar Gitar mudah diterapkan dan dilaksanakan di lingkup DPRD dan Sekretariat DPRD," katanya saat launching dan sosialisasi Aplikasi Senar Gitar di Ruang Bapemperda DPRD Kabupaten Sleman, Kamis (24/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris DPRD, Kepala Bagian, Kasubbag dan Ketua Tim serta pelaksana disemua bagian dan fraksi dilingkungan DPRD Kabupaten Sleman serta tim dari PT Integra Inovasi Indonesia selaku pengembang Aplikasi Senar Gitar.

Pada sosilisasi disampaikan bahwa Senar Gitar disediakan dalam bentuk web dan juga mobile yang bisa didownload dari play store dengan nama Senar Gitar Agenda DPRD Sleman. Dalam kegiatan sosialisasi itu juga dijelaskan bagaimana proses kerja dan laporan yang dihasilkan. Untuk masuk ke aplikasi tahap awal diberikan password dan user id. Senar gitar memberikan informasi agenda DPRD dan kegiatan DPRD bagi semua anggota DPRD dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Di akhir acara Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sleman, Heribertus Riswidodo sebagai penggagas aplikasi ini mengatakan manfaat dari aplikasi Senar Gitar sebagai kolaborasi yang baik antara DPRD dan Sekretariat DPRD, meningkatkan layanan kualitas faslitasi terhadap anggota DPRD dan meningkatkan kualitas layanan sekretariat DPRD.

"Ke depan aplikasi Senar Gitar dapat dikembangkan lebih lanjut untuk peningkatan keterbukaan infomasi publik dan memberikan informasi kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD yang dapat diakses oleh masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, pembentukan Aplikasi Senar Gitar didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Aplikasi SPBE dan juga surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 000.9.3.2/92/SJ tanggal 5 Januari 2024 tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Aplikasi Senar Gitar dimaksudkan untuk mempermudah fasilitasi informasi/agenda bagi Anggota dan Pimpinan DPRD serta informasi kegiatan Sekretariat DPRD. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Kunjungan Kerja Tamu (SIMAKJAMU) dan juga Sistem Informasi Manajemen Arsip Daerah (SIMARDA) Pemerintah Kabupaten Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawaslu: Fasilitas Pemerintah Boleh Digunakan untuk Kampanye

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement