Advertisement

Mahasiswa RI di Luar Negeri Diminta Pulang

M.Richard
Jum'at, 06 April 2018 - 17:10 WIB
Laila Rochmatin
Mahasiswa RI di Luar Negeri Diminta Pulang Ilustrasi mahasiswa - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pemerintah mendorong seluruh pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri untuk pulang dan berkontribusi dalam industri 4.0.

Kepala Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan setiap tahun ada sekitar 40.000 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri.

"Jadi harus manfaatkan jaringan dan cari dan bawa talent ke Indonesia," katanya seusai Indonesia Summit The Economist, di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Menurut dia, pemanfaatan sumber daya Indonesia yang ada di luar negeri tersebut merupakan strategi paling baik. Meskipun, menurut Lembong, hal tersebut juga tidak akan terealisasi dengan cepat, sehingga pemerintah harus mencari cara dengan pencukupan tenaga kerja dari luar negeri.

"Kuncinya adalah kami harus menginternasionalkan diri, dengan cara apapun juga kita harus cari yang terbaik dari negara mana pun juga," ujarnya.

Seperti diketahui, Peraturan Presiden No.20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing telah terbit. Terbitnya perpres tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan perluasan kesempatan kerja melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Penerbitan beleid yang diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Maret 2018 menggantikan Peraturan Presiden No.72/2014 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing . Berisikan 10 bab dan 39 pasal, beleid ini memangkas sejumlah perizinan yang sebelumnya diperlukan oleh tenaka kerja asing (TKA).

Selama tiga tahun terakhir, TKA terbanyak berasal dari Tiongkok untuk bidang konstruksi, pertambangan dan pemasangan mesin. Data Kemenaker menyebutkan pada 2017, setidaknya terdapat 126.000 TKA di Indonesia dari berbagai negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Malaysia, Amerika Serikat, Thailand, Filipina, Singapura dan masih banyak lagi.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement