Advertisement

Ini Harapan Pemerintah pada Pokdarwis

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 10 April 2018 - 10:20 WIB
Arief Junianto
Ini Harapan Pemerintah pada Pokdarwis Salah satu sudut pengembangan kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Gunungkidul harus mampu mendukung Pemkab Gunungkidul untuk turut mengembangkan kepariwisataan. Salah satu yang dituntut dari keberadaan pokdarwis adalah dengan melalui berbagai inovasi sesuai kondisi lingkungan masyarakat yang ada.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan pokdarwis sebagai bagian mitra pemerintah dalam rangka pengembangan kepariwisataan. “Pokdarwis tumbuh di dalam masyarakat, sebagai wadah masyarakat yang peduli wisata, dalam rangka pengembangan kaidah pesona,” ujarnya Senin (9/4/2018).

Advertisement

Hary mengatakan Dinpar memiliki tugas dan kewenangan juga untuk membina pembinaan pokdarwis agar semakin berkembang. Dia berharap agar pokdarwis semkain professional dan mempunyai inovasi.

“Masing-masing punya otonomi dalam inovasi, kami serahkan pada teman-teman di lapangan,” ucapnya.

Seperti diketahui, salah satu contohnya adalah Pokdarwis Gunung Gambar, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, menjadi salah satu pokdarwis yang mencoba berinovasi dan berkembang dengan melakukan pengembangan tanaman kopi.

“Kami menggagas kopi menjadi komoditas baru dari wilayah kami, karena beberapa warga di padukuhan Gunung Gambar memiliki pohon kopi dan dapat berbuah cukup baik,” kata Koordinator Pokdarwis, Gunung Gambar, Jayusman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement