Advertisement

Jembatan Bowong Kalibawang Diperbaiki, Ratusan Warga Harus Memutar

Beny Prasetya
Senin, 23 April 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jembatan Bowong Kalibawang Diperbaiki, Ratusan Warga Harus Memutar Warga melintas di jembatan Bowong Banjararum yang mulai diperbaiki Minggu (22/4 - 2018) Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bersamaan dengan perbaikan saluran irigasi Kalibawang, Jembatan Bowong yang berada di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, mulai diperbaiki. Selama perbaikan dilakukan, sedikitnya 110 kepala keluarga (KK) dari tiga dusun harus mencari jalan memutar.

Kepala Desa Banjararum, Warudi, mengatakan Jembatan Bowong merupakan akses utama bagi 110 KK di Desa Banjararum, khususnya warga Dusun Ngentak, Sentul, dan Brajan. Perbaikan jembatan yang dimulai Minggu (22/4/2018) dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO), bersamaan dengan perbaikan jembatan saluran irigasi yang ada di bawahnya.

Advertisement

"Pemdes Banjararum bersama perwakilan dari BBWSSO dan Komisi Air sudah melakukan sosialisasi kepada warga terdampak. Sebagai solusi, warga diimbau menggunakan jalur alternatif yang ada," kata Warudi saat ditemui Harian Jogja, Senin (23/4/2018)

Menurut Warudi, warga tidak keberatan dengan penutupan dan perbaikan Jembatan Bowong. Selama tiga bulan perbaikan, warga juga siap menggunakan jalur alternatif. Saat ini, kondisi Jembatan Bowong yang dibangun pada 1997 kondisinya sudah rusak. "Warga juga ingin akses yang bagus, sehingga sangat mendukung perbaikan yang dilakukan pemerintah. Semoga dengan perbaikan akan menyelesaikan masalah jalan rusak," katanya.

Petugas Operasional dan Pemeliharaan Saluran Irigasi Kalibawang, Basito, mengungkapkan perbaikan jembatan dan saluran irigasi Kalibawang dimulai Minggu (15/4/2018). "Proyek perbaikan sudah kami sosialisasikan kepada warga, dan mereka bisa memahami," katanya

Menurutnya pengerjaan jembatan itu bersifat segera. Selama perbaikan, saluran lama Intake Kalibawang bakal difungsikan lagi menggantikan jembatan air baru yang rusak dan diperbaiki. "Kalau saluran baru langsung diperbaiki total, penutupan bakal lama. Untuk sementara kami membuka jembatan air yang lama," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catatkan Kenaikan Transaksi SPKLU, PLN Suguhkan Kenyamanan Bagi Pemudik EV Pada Arus Mudik Lebaran 2024

News
| Rabu, 24 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement