Advertisement

Duh, 9 Orang Meninggal Akibat Leptospirosis, Masyarakat Diminta Waspada

I Ketut Sawitra Mustika
Selasa, 24 April 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Duh, 9 Orang Meninggal Akibat Leptospirosis, Masyarakat Diminta Waspada Ilustrasi leptospirosis, - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Musim pancaroba di DIY datang berbarengan dengan masa tanam. Salah satu penyakit paling berbahaya yang patut diwaspadai adalah leptospirosis.

Petani harus ekstra hati-hati supaya tidak terjangkit penyakit ini. Hingga April 2018, sembilan orang sudah meninggal akibat leptospirosis.

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinas Kesehatan DIY Akhmad Akhadi S mengatakan, pada Maret, April hingga Juni terjadi peningkatan jumlah penderita leptospirosis. Hal ini disebabkan karena musim pancaroba berbarengan dengan musim tanam padi.

Dari data yang dimiliki Dinas Pertanian DIY, periode tanam musim kemarau 2018 terbagi jadi dua musim. Musim pertama dimulai dari Maret hingga April, sedangkan musim tanam kedua dimulai pada September.

“Yang patut diwaspadai pada musim pancaroba ini adalah leptospirosis. Tapi bukan karena perubahan iklim [yang mendadak], tapi karena berbarengan dengan masa tanam. Risiko penyakit ini meningkat ketika ada konsentrasi manusia di lahan basah,” kata Akhmad melalui sambungan telepon, Senin (23/4/2018).

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan DIY, hingga April 2018, di seluruh DIY sudah ada sembilan korban meninggal akibat leptospirosis. Jumlah suspect leptospirosis mencapai 97 orang. Sebanyak 20 di antaranya meninggal dunia. Yang baru selesai diaudit sembilan orang dan semuanya positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement