Advertisement

Dapat Tambahan 7 Bacaleg Perempuan, Gerindra Klaim Serius Akomodasi Perempuan

Abdul Hamied Razak
Senin, 07 Mei 2018 - 11:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dapat Tambahan 7 Bacaleg Perempuan, Gerindra Klaim Serius Akomodasi Perempuan Sejumlah bacaleg perempuan mendaftarkan pencalegan ke Kantor DPC Partai Gerindra Jogja, Minggu (6/5/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tujuh bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan resmi mendaftar ke Partai Gerindra Minggu (6/5/2018). Hingga kini, tercatat 17 bacaleg yang mendaftarkan diri ke partai besutan Prabowo Subianto itu.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jogja Anton Prabu Semendawai mengatakan, dari 17 bacaleg yang mendaftar ke partai berlambang Burung Garuda itu, sebanyak tujuh bacaleg merupakan perempuan. “Ini menunjukkan antusiasme perempuan terjun ke dunia politik sangat tinggi,” katanya kepada wartawan, Minggu siang.

Advertisement

Di wilayah DIY, Fraksi Gerindra DPRD Jogja merupakan satu-satunya partai di mana seluruh anggota fraksinya perempuan. Pada pemilihan legislatif 2014 lalu, seluruh caleg perempuan ditempatkan pada nomor urut satu. Hal itu diklaim jika Gerindra memberikan perhatian khusus kepada perempuan.

“Jadi keterwakilan 30 persen perempuan itu bukan hanya dijadikan jargon tetapi diterapkan,” ungkap Anton.

Pada Pemilu 2019 nanti, kata Anton, bukan tidak mungkin pihaknya kembali menempatkan para srikandi ini di nomor urut satu untuk lima daerah pemilihan. Hal itu akan dilakukan sebagai komitmen Gerindra serius mengakomodasi perempuan.

“Tentu saja, perempuan yang kami calegkan memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik,” katanya.

Ketujuh Bacaleg yang mendaftar di antaranya Cristiana Agustiani, Ririk Banowati, Dian Novitasari dan Andri Kusumawati. Bacaleg yang mendaftar nantinya akan melewati verifikasi internal partai untuk ditentukan lolos atau tidak menjadi caleg. Gerindra Kota Jogja menargetkan meraih 10 dari 40 kursi di DPRD Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement