Lebaran Belum Tiba, Pedagang Sleman Sudah Umumkan Harga Daging Bakal Naik

Ilustrasi daging merah - Reuters
05 Juni 2018 14:50 WIB Meigitaria Sanita (M114) Sleman Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, SLEMAN- Menjelang Hari Raya Idulfitri pedagang pasar tradisional memastikan akan menaikkan harga daging sapi pada H-4 Lebaran. Di sisi lain, pemerintah membantah ada kenaikan harga.

Sampai saat ini harga daging sapi bertengger di angka Rp125.000 per kilogram. Angga, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Pakem mengatakan pada H-4 Lebaranm, harga diprediksi bakal naik.

"Paling H-4 sudah mulai naik, tapi ya enggak tahu mbak. Kalau naik pasti ada persetujuan teman-teman," ungkapnya, Senin (4/6/2018).

Pernyataan berbeda disampaikan Pemkab Sleman. Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani mengklaim tidak ada kenaikan harga daging ayam saat Lebaran.

"Kami prediksi harga daging sapi tetap pada harga sekarang Rp Rp120.00-Rp125.000," ungkapnya.

Menurut dia, kenaikan harga terjadi ketika permintaan tinggi dan pasokan tidak memenuhi. Masyarakat kata dia sudah logis dalam berfikir, ketika harga sudah tidak terjangkau alias naik maka akan beralih ke bahan lain.

"Kalau daging sapi tidak akan ada kenaikan, karena masyarakat sudah logis berfikir kalau tidak terjangkau ya diganti ayam atau ikan," ungkapnya.

Ad Tokopedia