Wisatawan Bebas, Tarif Pengambilan Gambar di Prambanan Hanya untuk Bisnis dan Event

Wisatawan di Candi Prambanan. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
11 Juni 2018 16:17 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, SLEMAN--Tarif mengambil gambar di area Taman Wisata Candi Prambanan (TWCP) diberlakukan hanya untuk kegiatan bisnis dan event tertentu. Untuk wisatawan umum tidak dikenakan tarif khusus.

General Manajer TWCP, Aryono Hendro mengatakan pemberlakuan tarif pengambilan gambar di kawasan TWCP hanya untuk kegiatan bisnis dan juga event tertentu. Tarif yang dikenakan biasanya sudah termasuk satu paket dengan sewa tempat jika ada event yang diselenggarakan di TWCP.

"Kalau utuk keperluan bisnis dan event ada tarifnya, tapi kalau hanya untuk pribadi tidak ada," kata dia kepada Harianjogja.com, Minggu (10/6/2018).

Hal itu berlaku untuk pengambilan gambar secara profesional baik menggunakan kamera DSLR maupun menggunakan drone hitungan tarif yang diberlakukan adalah berdasarkan jenis kegiatannya, yakni bisnis atau event.

Dan khusus untuk menerbangkan drone di kawasan TWCP harus ada izin dari pihak Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya (BPCB) DIY atau pihak berwenang lainnya.

Dia mencontohkan tarif diberlakukan untuk kegiatan pengambilan gambar prewedding. "Prewedding adalah termasuk paket yang kami jual. Tarifnya [untuk pengambilan gambar] sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta," ujarnya.

Adplus Tokopedia