Advertisement

Calon Jemaah Haji Harus Perhatikan Pola Makan

Abdul Hamied Razak
Minggu, 01 Juli 2018 - 19:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Calon Jemaah Haji Harus Perhatikan Pola Makan Ilustrasi ibadah haji dan umrah. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jogja menilai kondisi kesehatan bagi calon jemaah haji (calhaj) tahun ini dinilai baik. Para calhaj juga dinyatakan siap menjalankan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Kota Jogja Sigit Warsito mengatakan, kepastian kondisi kesehatan para calhaj tersebut dilihat saat digelar latihan manasik di tiap kecamatan. Semua calhaj dinyatakan dalam kondisi prima dan relatif bagus. Meski begitu pihaknya meminta agar seluruh calhaj tetap harus mewaspadai faktor risiko.

Advertisement

"Terutama untuk menjaga pola makan dan istirahat serta mengatur emosi selama menunggu pemberangkatan. Hal ini penting agar ketika diberangkatkan kondisi kesehatannya tidak turun," katanya, Minggu (1/7/2018).

Sekadar diketahui, calhaj asal Jogja tahun ini terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni 23 SOC dan 29 SOC. Dari kloter tersebut hanya kloter 23 SOC yang diisi oleh jemaah asal Jogja sebanyak 355 orang. Adapun kloter 29 SOC hanya sekitar 80 orang warga Jogja karena digabung calhaj dari daerah lain.

"Kami akan terus memantau kondisi jemaah agar benar-benar siap. Mereka juga harus mengontrol kesehatan secara rutin," tambahnya.

Calon jemaah haji asal Jogja yang bergabung dalam kloter 23 SOC dijadwalkan berangkatkan pada 23 Juli dari balai kota menuju asrama haji Donohudan. Sedangkan Kloter 29 SOC akan diberangkatkan pada 25 Juli mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement