Advertisement

Potret-Potret Mengharukan Perjuangan Warga Penolak Bandara Kulonprogo

Bhekti Suryani
Sabtu, 21 Juli 2018 - 10:50 WIB
Bhekti Suryani
Potret-Potret Mengharukan Perjuangan Warga Penolak Bandara Kulonprogo Sejumlah petugas Satpol PP menaiki atap rumah warga penolak, untuk membujuk warga penolak turun dari atap, Jumat (20/7/2018). Warga tersebut menaiki atap karena belum merelakan gentingnya diturunkan satu per satu sebelum rumahnya dirobohkan pihak proyek NYIA. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- PT Angkasa Pura telah merobohkan puluhan rumah warga penolak pembangunan bandara yang dihuni sebanyak 36 kepala keluarga (KK) pada Kamis (19/7/2018) hingga Jumat (20/7/2018).

Selama bertahun-tahun hingga detik-detik terakhir pengosongan lahan Proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA), puluhan warga penolak bandara berjuang mati-matian mempertahankan rumah dan tanah milik mereka. Warga tak mengakui proses konsinyasi dalam pengambilalihan dan pembayaran ganti rugi lahan badara karena dinilai cacat hukum dan tidak adil.

Advertisement

Jurnalis Harian Jogja Uli Febriarni memotret suasana-suasana mengharukan perjuangan warga pesisir selatan Kulonprogo mempertahankan hak hidup mereka hingga detik-detik terakhir sebelum puluhan rumah rata dengan tanah. Berikut potretnya.

Aparat membopong warga yang berupaya mempertahankan rumahnya dari alat berat yang hendak merobohkan bangunan, Kamis (19/7/2018).

 Warga menaiki pohon kelapa di pekarangan rumahnya yang hendak dirobohkan petugas menggunakan alat berat saat pengosongan lahan bandara. 

Warga berdoa sambil menangis di sisi rumahnya yang hendak dirobohkan petugas menggunakan alat berat. 

Suasana saat pengosongan lahan bandara. 

Wagirah, warga penolak bandara mempertaruhkan nyawanya dengan memegangi lengan backhoe dan menduduki sekop back hoe untuk menghentiukan alat berat itu memporakporandakan tanaman warga yang masih ada di lahan calon bandara.

Seorang perempuan berteriak di hadapan para aparat memohon agar rumahnya tak dibongkar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Paskah, 26.153 Penumpang Naik Turun di Stasiun Wilayah Madiun

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement