Advertisement

Ini Dia 17 Target yang Dibidik Pemda DIY dalam Rencana Aksi Daerah

Sunartono
Senin, 13 Agustus 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Ini Dia 17 Target yang Dibidik Pemda DIY dalam Rencana Aksi Daerah Ilustrasi Pemda DIY. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 17 program jadi target Pemda DIY. Target terhadap poin-poin yang merupakan bagian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2018-2022 itu dituangkan dalam sebuah rencana aksi daerah (RAD).

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan RAD pada dasarnya merupakan tindak lanjut dari Perpres No.59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dia meminta kepada bupati/wali kota serta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar tidak menjadikan program pembangunan berkelanjutan sebagai pekerjaan tambahan. “Itulah, semua program yang selama ini sudah dilaksanakan harus memprioritaskan SDGs dalam rencana kerja pemerintah (RKP),” ucap Sultan di sela-sela peluncuran RAD di Gedung Pracimasono, kompleks Kepatihan, Senin (13/8).

Advertisement

Ke-17 program itu masing-masing adalah tanpa kemiskinan; kelaparan; kesehatan yang baik dan kesejahteraan; pendidikan berkualitas; kesetaraan gender; air bersih; energi bersih dan terjangka; pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan layak; industri inovasi dan infrastruktur; mengurangi kesenjangan; keberlanjutan kota dan komunitas; konsumsi dan produksi bertanggungjawab; aksi terhadap iklim; kehidupan bawah laut dan di darat; peradilan yang kuat; serta kemitraan.

Sultan meminta bupati dan wali kota bisa mengoordinasikan agar program pencapaian 17 target itu tidak tumpang tindih antara SKPD DIY dengan SKPD di tingkat II. Dobel pembiayaan dari keduanya melalui program yang sama juga harus dihindari. Sehingga kesepakatan bisa berjalan dengan baik dan efektif dalam upaya menuju 17 SDGs tersebut. "Untuk pencapaian 17 sasaran ini, semoga bisa ditindaklanjuti mulai tahun depan untuk bisa diaplikasikan di dalam anggaran," kata dia.

Kepala Unicef Indonesia Perwakilan Jawa-Bali Arie Rukmantara mengatakan sejauh ini baru ada dua provinsi di Indonesia yang menyatakan komitmennya melalui RAD SDGs, yaitu DIY dan DKI Jakarta. Lantaran banyaknya target untuk mencapai SDGs, maka banyak pula program yang harus dilaksanakan. Dari 17 program itu tercatat ada 170 target dan 240 indikator.

Dia mengakui ada tugas yang mahabesar bagi Pemda, terutama terkait dengan pengumpulan data. Untuk itu, dia mengusulkan agar DIY menawarkan melalui data online dengan menyediakan portal. “Dengan begitu masyarakat bisa turut membantu menyampaikan data, cara itu lebih efektif dibandingkan mengirimkan personel ke lapangan,” ucap dia.

Selain itu, dia juga menyarankan pemda untuk fokus pada penanganan anak, sehingga program yang berkaitan dengan anak bisa diprioritaskan. Dia yakin dengan mencapai SDGs yang berkaitan anak, maka program yang lain akan tercapai.“Karena ketika anak memperoleh pendidikan, tinggal di tempat aman, anak-anak sehat perlahan akan berdampak pada ekonomi,” kata Arie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement