Libur Panjang Hari Besar, Hotel di Jogja Nyaris Penuh

Ilustrasi hotel - JIBI
18 Agustus 2018 16:17 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Libur panjang perayaan HUT Ke 73 Republik Indonesia, wisatawan mulai menyerbu Jogja. Tingkat hunian kamar hotel di sejumlah hotel bintang mencapai 80% hingga 90%.

"Libur perayaan Kemerdekaan ini lebih ramai dari tahun lalu, karena tepat jatuh pada akhir pekan, jadi liburan cenderung lebih panjang," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab M. Danunagoro kepada Harianjogja.com, Jumat (17/8/2018).

Sebagai kota wisata, kunjungan wisatawan dari berbagai daerah sekitar memberi kontribusi besar pada sektor perhotelan. Tingkat okupansi atau keterisian kamar hotel mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan akhir pekan biasa.

Istidjab memaparkan tingkat keterisian kamar hotel bintang di kawasan Ring I telah mencapai 90% mulai Kamis (16/8/2018) malam. Sedangkan untuk hunian kamar hotel di Ring II, kata Istidjab, akan mulai penuh pada Jumat malam.

"Ring II okupansi sudah mencapai 80 persen dan Ring III [okupansi] mencapai 70 persen. Hotel non bintang sudah sekitar 50 persen okupansinya," imbuh Istidjab.

Libur panjang kali ini juga bersamaan dengan musim liburan bagi wisatawan mancanegara, terutama wisatawan asal Eropa. Menurut Istidjab, sedikitnya, kehadiran wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia pada musim ini memberikan kontribusi sekitar 20%.

Marketing and Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel Khairul Anwar mengungkapkan okupansi selama Agustus cukup bagus. Rerata hingga pertengahan bulan ini okupansi hotel bintang lima ini mencapai 75%. Kendati tamu domestik, khususnya tamu keluarga, masih mendominasi, namun sekitar 15% tamu mancanegara juga memberi kontribusi pada tingkat hunian kamar di kamar ini.

"Dalam long weekend Hari Kemerdekaan dan Iduladha, beberapa hari sudah fully booked dari 247 kamar yang ada di Royal Ambarrukmo," jelas Awang.