Advertisement

Permintaan Menteri, Bandara Kulonprogo Akan Beroperasi Lebih Cepat

Sunartono
Kamis, 30 Agustus 2018 - 19:00 WIB
Bhekti Suryani
Permintaan Menteri, Bandara Kulonprogo Akan Beroperasi Lebih Cepat Project Manager NYIA Sujiastono memaparkan perkembangan pembangunan bandara New Yogyakarta Internasional Airport kepada Komisi DPR RI VI, Rabu (2/5/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah merencanakan pengoperasian New Yogyakarta International Airport (NYIA) maju sebulan dari target sebelumnya. Pemkab Kulonprogo menegaskan target maju sebulan itu memungkinkan terpenuhi dengan melihat perkembangan pembangunan NYIA saat ini.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menjelaskan permintaan memajukan pengoperasia bandara NYIA sebulan lebih awal atau pada Maret 2019, disampaikan secara lisan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan saat di Kulonprogo, Rabu (29/8/2018).

Advertisement

Ia mengatakan secara fisik hal itu bisa terealisasi karena hingga akhir Agustus 2018 ini pembangunan landasan sudah mencapai 500 meter sehingga untuk mencapai 3.200 butuh waktu tidak lama. "Kalau fisik saja untuk operasional saya sampaikan bisa dimajukan," terangnya di Kepatihan, Kamis (30/8/2018).

Akantetapi untuk kelengkapan kereta api dari Kedundang ke NYIA dipastikan belum bisa beroperasi bersamaan dengan bandara.

Pihaknya sudah berkonsultasi dengan Menteri Perhubungan terkait pembangunan jalur kereta dan disarankan untuk melayang karena untuk pelintasan sebidang tidak memungkinkan karena jika harus pengadaan tanah harus cepat mengingat prosesnya butuh waktu pembebasan.

"Kalau saya, kalau ditekan [Maret 2019] saya kira bisa, ini masalah fisik kebetulan tidak renovasi kalau membangun baru itu kan cepat. Saya optimistis bisa maju sebulan lebih awal dari target," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement