Advertisement

Status Merapi Masih Waspada, Jogja International Scout Camp (JISC) 2018 Ditunda

Sunartono
Kamis, 06 September 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Status Merapi Masih Waspada, Jogja International Scout Camp (JISC) 2018 Ditunda Petani mengamati keindahan Gunung Merapi dari areal persawahan di Wukirsari, Sleman, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Salah satu contoh penggunaan dana keistimewaan (danais) yang batal tahun ini adalah Jogja International Scout Camp (JISC) 2018 di DIY yang dianggarkan sekitar Rp10 miliar. Kegiatan ini gagal digelar tahun ini.

Asisten Sekda Bidang Keistimewaan Setda DIY Didik Purwadi menjelaskan kegiatan ini berskala internasional. Para peserta khawatir dengan kondisi Gunung Merapi dalam status di atas normal.

Advertisement

Pihaknya sudah meminta klarifikasi ke BPPTKG tidak berani menjamin kondisi Merapi akan terus stabil sehingga dibatalkan dan anggaran akan direvisi untuk keperluan program lain.

"Kami tidak bisa apa-apa karena itu faktor alam dan pesertanya dari berbagai negara," ujarnya, Rabu (5/8/2018).

Terpisah Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta kepada semua pihak agar bisa menjalankan semua program yang sudah direncanakan sehingga penyerapan danais bisa dimaksimalkan.

Terkait batalnya kegiatan Jogja International Scout Camp (JISC) yang bakal didanai danais, HB X menegaskan sepenuhnya demi keamanan dan kenyamanan peserta akibat pengaruh dari status Merapi saat ini. Kegiatan itu akan direncanakan lagi pelaksanaannya pada 2020 mendatang.

"Saya minta penyerapan bisa optimalkan, karena mayoritas ada di kabupaten/kota. Mendorong penerapannya, tidak ada pilihan, setiap tiga minggu ada koordinasi. Harapan saya lewat mekanisme itu bisa dikerjakan," kata Sultan.

Ralat dari redaksi :

Sebelumnya pada  judul tertulis "Status Merapi Masih Waspada, Java Summer Camp Ditunda Tahun Depan".  Judul yang benar "Status Merapi Masih Waspada, Jogja International Scout Camp (JISC) 2018 Ditunda". Adapun kegiatan  Java Summer Camp telah dilaksanakan di bumi perkemahan kompleks Candi Prambanan, pada  31 Agustus – 2 September 2018. Redaksi mohon maaf atas kekeliruan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement