Advertisement

SMA Muhammadiyah 1 Jogja Rayakan Usia ke-69 Tahun

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 12 September 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
SMA Muhammadiyah 1 Jogja Rayakan Usia ke-69 Tahun Suasana senam sehat di lapangan basket SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi), Minggu (2/9/2018). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-SMA Muhammadiyah 1 Jogja genap berusia 69 tahun pada Rabu, 5 September 2018. Pada miladnya yang ke-69 itu, SMA Muhi menyelenggarakan upacara bendera. Selain itu, beberapa lomba juga digelar guna menyemarakkan peringatan hari lahir.

Upacara bendera milad ke-69 SMA Muhammadiyah 1 Jogja dipimpin oleh sang Kepala Sekolah, Tri Ismu Husnan Purwono. Saat upacara bendera, Tri mengajak setiap anak didiknya agar senantiasa santun dalam berkomunikasi di dunia digital. Selain itu, para siswa diharapkan selalu berkolaborasi secara positif dan bersikap kritis.

Advertisement

"Kritis dalam artian mana hal negatif yang harus ditinggalkan. Bagaimana menumbuhkan kreativitas bagi diri sendiri dan lingkungan. Kami berharap siswa Muhi menjadi pandai dalam berkomunikasi dan mengkritisi hal yang tidak baik," ujar Tri saat ditemui usai upacara bendera.

Tri juga menyampaikan kepada para siswa agar selalu belajar dan berinovasi, sebab di era revolusi industri 4.0, orang-orang yang tidak mampu menguasai industri digital akan jadi pihak yang akan kalah. Karena itulah ia berharap siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Jogja jadi orang yang penuh dengan kreativitas.

Lomba-Lomba

Rangkaian peringatan Milad ke-69 SMA Muhammadiyah 1 Jogja, kata Tri, sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 2 September. Pada hari itu dilaksanakan acara jalan sehat yang diikuti 1.500 peserta; terdiri dari masyarakat dan pihak internal SMA Muhammadiyah 1 Jogja sendiri.

Pada saat yang sama, lanjut Tri, juga diadakan kegiatan bernama Market Day. Acara ini memfasilitasi siswa dan siswi, yang memiliki usaha dan potensi bisnis, untuk menjajakan produk-produk ciptaannya.

"Saat itu juga dilombakan pakaian daerah, karena siswa dan siswi Muhi berasal dari seluruh Indonesia. Tujuannya untuk menghargai potensi setiap daerah dan pembentukan karakter, supaya cinta dengan budaya masing-masing," jelas Tri.

"Hari ini [Rabu, 5 September] juga ada lomba memasak, final tarik tambang dan lomba futsal untuk karyawan, guru dan siswa. Selain itu juga ada berbagai atraksi seperti tapak suci dan drum band," imbuh Tri.

Tri melanjutkan, rangkaian peringatan Milad ke-69 SMA Muhammadiyah 1 Jogja dilanjutkan pada 10 dan 11 September, yakni dengan penyelenggaraan Moehi National Competition (Monaco). Monaco adalah kompetisi akademik dan non akademik bagi siswa SMP dan SMA berskala nasional.

Pada tanggal 11 September, ujar Tri juga digelar pensi yang menampilkan penampil dari dalam dan luar sekolah. Kemudian tanggal 12 juga digelar pengajian akbar yang dihadiri oleh Ustad Yusuf Mansur.

Ketua Panitia Milad ke-69 SMA Muhammadiyah 1 Jogja Martoyo mengatakan, pada 12 September juga akan digelar peluncuran Muhimart. "Akan dibuka di deket sekolah. Baru satu gerai. Tujuannya mempraktikkan teori di mata pelajaran kewirausahaan dan melatih siswa jujur. Ini khusus untuk siswa, guru dan karyawan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement