Advertisement

2019, Seluruh Kecamatan di Sleman Terhubung Jaringan Fiber Optik

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 14 September 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
2019, Seluruh Kecamatan di Sleman Terhubung Jaringan Fiber Optik Ilustrasi internet - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman terus memperluas jaringan Internet ke semua daerah. Ditargetkan pada 2019 pemasangan jaringan fiber optik sepanjang 111 kilometer (km) bisa terselesaikan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Intriati Yudatiningsih, mengatakan total kebutuhan jaringan fiber optik di seluruh kecamatan di Sleman mencapai 111 km. "Target itu akan kami penuhi tahun depan," katanya, Jumat (14/9/2018).

Intri mengatakan pemenuhan 111 km tersebut sudah dimulai sejak 2017. Saat itu jaringan yang sudah digelar sepanjang 11,5 km. Kemudian pada semester pertama 2018 digelar lagi sejauh 31,8 km, dan pada semester berikutnya ditambah 31 km, sehingga total pemasangan fiber optik sampai akhir 2018 sepanjang 74,5 km dan mencakup enam kecamatan. "Hingga akhir tahun ini targetnya 13 kecamatan sudah tersambung [jaringan fiber optik]," kata Intri.

Advertisement

Pada 2019 Pemkab kembali menggelar jaringan fiber optik sampai memenuhi kebutuhan di seluruh kecamatan. Target sepanjang 111 kilometer akan dipenuhi tahun depan. Saat ini sudah ada 16 jalur fiber optik yang dibangun, beberapa di antaranya jalur Pemkab Sleman-Tempel, Pangukan-Mlati, Mlati-Minggir, Minggir-Seyegan. Jalur lain akan terus ditambah guna meningkatkan layanan Internet di seluruh kecamatan sehingga daerah tanpa jaringan internet (blank spot) di Sleman nihil.

Intri mengatakan saat ini wilayah blank spot hanya ada di wilayah tertentu, yaitu di Kecamatan Prambanan bagian atas atau wilayah perbukitan. "Bukan di desanya atau dipermukiman, tetapi di wilayah tertentu. Secara menyeluruh, semua lokasi permukiman terjangkau jaringan internet. Kecamatan Cangkringan yang lokasinya di atas juga sudah terjangkau jaringan Internet," ujar dia.

Menurut Intri, peningkatan Internet dilakukan untuk menunjang layanan, terutama Kabupaten Sleman memiliki target menjadi Smart Regency sehingga kemajuan teknologi informasi diharapkan bisa membantu memecahkan masalah dan menciptakan inovasi.

Kepala Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Warjono, mengatakan layanan Internet sudah bisa dirasakan sampai di wilayahnya. "Segala bentuk pelaporan ke kabupaten menjadi lancar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement