Jumlah DPT di Kulonprogo Berkurang 664 Orang

Ilustrasi Pemilu - JIBI
14 September 2018 20:15 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo mencoret 664 nama dalam daftar pemilih tetap (DPT). Berdasar hasil verifikasi, ratusan orang dicoret dari DPT lantaran masih berusia dibawah umur dan telah meninggal dunia.

Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini, menyatakan dari 334.153 daftar pemilih tetap yang ditetapkan Agustus lalu mengalami penurunan sebanyak 644 pemilih. Menurutnya setelah ada perbaikan DPT, jajarannya hanya mencatat 333.509 orang yang masuk dalam DPT Hasil Perbaikan (DPTHP). "Dicoret lantaran ada yang meninggal dan ada yang belum cukup umur," katanya, Jumat (14/9/2018).

Ia juga menyebutkan jajarannya telah mengadakan rapat pleno terbuka di Ruang Sermo kompleks Pemkab Kulonprogo. Hasilnya sejumlah perbaikan yang dibuat telah diterima oleh Bawaslu Kulonprogo dan sejumlah pengurus partai politik (parpol) di Kulonprogo

Anggota KPU Kulonprogo, Marwanto, mengatakan sebelum dilakukan pleno, jajarannya bersama bawaslu dan perwakilan parpol telah koordinasi dalam pencermatan dan penyandingan data DPT. "Koordinasi diikuti Bawaslu melalui panwascam, dan pengurus partai di tingkat kecamatan, seluruh perbaikannya telah selesai dan disepakati," katanya.

Ia menjelaskan, perbaikan ini diupayakan bakal menjadi keseriusan KPU tentang keabsahan DPT. Apabila masih terjadi penambahan daftar pemilih akibat mutasi kependudukan serta bertambahnya pemilih pemula, KPU bakal memasukkan dalam daftar pemilih khusus.