Advertisement

Pencari Kerja Bersiaplah, Bantul Siap Buka 565 Formasi CPNS

Ujang Hasanudin
Sabtu, 15 September 2018 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Pencari Kerja Bersiaplah, Bantul Siap Buka 565 Formasi CPNS Ilustrasi PNS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul mendapat kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini sebanyak 565 orang. Jumlah tersebut hanya sekitar seperlima dari jumlah yang diajukan sebanyak 2.643 orang.

Kuota CPNS untuk Bantul ini sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 271 Tahun 2018. "Kuota CPNS untuk Bantul ini terbanyak kedua setelah Sleman di DIY," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta, di ruang kerjanya, Jumat (14/9/2018).

Advertisement

Danu memaparkan dari 565 CPNS, sebanyak 340 di antaranya adalah tenaga kependidikan, 165 tenaga kesehatan, 56 tenaga teknis, dan empat orang jalur khusus katagori 2 (K2). Untuk tenaga kependidikan, semuanya adalah guru sekolah dasar (SD), sementara tenaga kesehatan mulai dari dokter sampai perawat yang akan ditempatkan di RSUD Panembahan Senopati Bantul dan Puskesmas.

Proses perekrutan akan dimulai sekitar 19 September mendatang, seleksi dilakukan pada pekan ketiga Oktober, pengumuman akhir November, dan pemberkasan pada Desember mendatang. "Targetnya Januari 2019 harus sudah ada penetapan CPNS dan awal 2010 penetapan PNS," ujar Danu.

Disinggung soal honorer K2 yang hanya empat orang, Danu mengungkapkan kuota itu sudah menjadi keputusan Pemerintah Pusat. Pihaknya menyadari honorer K2 di Bantul ada sekitar 620 orang, namun yang berusia antara 18-35 tahun hanya sekitar 29 orang. Batas usia tersebut menjadi persyaratan pendaftaran CPNS yang tidak bisa diubah.

Selain usia honorer K2 yang akan mengikuti CPNS pun dibatasi yang sudah berpendidikan minimal strata 1 (S1). Dengan pembatasan tersebut ia membenarkan masa pengabdian honorer K2 tidak menjadi pertimbangan dalam penerimaan CPNS ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement