Advertisement

Pilurdes Bantul, Panitia Bikin Jadwal Kampanye Tambahan

David Kurniawan
Rabu, 19 September 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Pilurdes Bantul, Panitia Bikin Jadwal Kampanye Tambahan ILustrasi Politik uang - JIBI/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Panitia pemilihan lurah desa (pilurdes) Bantul membuat inovasi dengan menggelar kampanye di luar jadwal. Langkah ini diambil karena jadwal kampanye yang berlangsung selama tiga hari dinilai tidak cukup untuk penyampaian visi misi para calon.

Ketua Panitia Pilurdes Bantul Muhammad Imam Santosa mengatakan terobosan menggelar kampanye di luar jadwal bertujuan memberikan waktu yang luas bagi calon untuk menyampaikan visi misi yang dimiliki. Menurut dia, waktu kampanye tiga hari pada 8-10 Oktober mendatang, dirasa singkat sehingga tidak akan maksimal untuk memperkenalkan diri bagi masing-masing calon.

Advertisement

“Kami ada 12 dusun dan dengan waktu tiga hari tidak akan mencukupi untuk menyasar keseluruhan dusun. Jadi untuk memaksimalkan penyampaian visi misi calon, kami akan menyelenggarakan kampanye tambahan,” kata Imam, Selasa (18/9/2018).

Rencananya kampanye di luar jadwal dilaksanakan mulai Rabu (19/9) atau hari ini hingga 7 Oktober. Diharapkan dalam kampanye di luar jadwal ini akan ada 12 pertemuan dengan menghadirkan masing-masing calon untuk menyampaikan visi misi.

“Konsepnya kampanye dialogis dan monologis. Jadi masing-masing calon harus menyiapkan dan memahami visi misi dan bukan hanya sebatas tulisan di kertas semata,” ucapnya.

Untuk penyelenggaran kampanye di luar jadwal, Imam mengakui penyelenggaraan dilakukan pihak independen seperti kelompok pemuda, organisasi kemasyarakatan hingga media radio di Bantul.

“Harapan kami sebagai panitia dengan kampanye tambahan ini, warga bisa lebih mengenal calon-calon yang akan dipilih,” kata dia.

Dia menambahkan untuk pelaksanaan juga harus diketahui dan ada rekomendasi dari panitia. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari pertemuan tertutup yang ujung-ujungnya berpotensi terjadi praktik transaksional dan politik uang.

“Di setiap pertemuan tidak boleh menggelar sendiri karena seluruh calon yang berjumlah lima orang akan dihadirkan,” katanya lagi.

Kepala Sub Bagian Lembaga Desa, Bagian Administrasi Pemdes, Setda Bantul, Edy Muryanto mengatakan pilurdes serentak rencananya dilaksanakan pada 14 Oktober mendatang. Namun sebelum pencoblosan dilakukan akan digelar kampanye selama tiga hari mulai 8-10 Oktober. “Sebelum memasuki masa kampanye di awal Oktober kami juga akan menggelar deklarasi kampanye damai,” katanya.

Menurut dia, deklarasi kampanye damai dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan sehingga pelaksanaan pilurdes berjalan dengan aman dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement