Advertisement

Aksi Penipuan Rekrutmen CPNS Masih Beredar di Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 18 Oktober 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
 Aksi Penipuan Rekrutmen CPNS Masih Beredar di Gunungkidul Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati terkait dengan modus penipuan berkedok rekrutmen CPNS. Hal ini dilakukan agar tidak menjadi korban penipuan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Kepala BKPP Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah menerima dua laporan terkait dengan modus penipuan berkedok rekrutmen CPNS.

Advertisement

Selain itu, ada juga aduan dari sejumlah kepala sekolah terkait dengan pemberkasan CPNS bagi tenaga honorer. “Ini patut diwaspadai karena modus penipuan akan semakin marak pada saat ada proses rekrutmen,” katanya kepada wartawan, Kamis (18/10/2018).

Dia menjelaskan, dalam modus penipuan ini banyak yang mencatut nama-nama penting seperti kepala daerah, kepala BKPP hingga pejabat lainnya di lingkup pemkab. Sigit mencontohkan, beberapa waktu lalu ada seseorang yang mengadu ke BKPP terkait proses rekrtumen. Aduan ini mencatut nama kepala BKPP Gunungkidul yang dijanjikan akan dibantu dalam proses perekrutan.

“Pada saat bertemu, saya minta kepada pengadu untuk menelepon ulang ke nomor yang menghubungi. Hasilnya diminta ke TU untuk diantar bertemu saya [Kepala BKPP Gunungkidul], padahal saat menelepon sudah bertemu langsung dengan saya,” ungkapnya.

Sigit menuturkan, modus-modus seperti ini harus diwaspadai karena jika tidak berhati-hati bisa menjadi korban penipuan. “Praktiknya nanti dijanjikan akan dipermudah dalam proses rekrutmen CPNS, tapi yang bersangkutan akan dimintai uang sebagai imbalan,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan Sigit, sejak rekrutmen CPNS 2014 lalu, proses seleksi sangat transparan. Hal ini terlihat dari model tes yang menggunakan tes berbasis komputer. “Hal yang sama juga berlaku di tahun ini. Apalagi urusan rekrutmen terpusat di Pemerintah Pusat dan pemkab hanya sebatas membantu dalam proses administrasi saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement