Banyak Drainase di Sleman Belum Memadai, Siap-Siap Jalan Tergenang

Ilustrasi genangan air. - Solopos/M. Ferri Setiawan
11 November 2018 08:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Drainase di jalan-jalan Sleman masih kurang memadai, tingginya curah hujan beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah ruas jalan masih tergenang air cukup tinggi, karena drainase tidak bisa menampung debit air. Salah satu ruas jalan yang tergenang air adalah di Jln Ringroad Utara Condongcatur, Depok, Sleman.

Agus Raharjo, salah seorang warga Condongcatur ikut membersihkan selokan di sekitaran ringroad utara condongcatur. Ia mengatakan air yang menggenang di ruas jalan tersebut sudah sekitar 15 menit.

"Karena airnya sudah setinggi betis, saya dan dua teman saya inisiatif untuk membersihkan selokannya agar air yang meluber dari drainase bisa mengalir ke selokan," katanya pada Kamis (8/11/2018).

Ia berharap pemerintah yang berwenang bisa memberikan solusi untuk mengatasi masalah ini karena kondisi cuaca yang sekarang memasuki musim hujan.

"Ini bahaya karena tadi juga ada motor yang mogok, ada motor yang tergelincir juga sehingga menyebabkan kendaraan dibelakangnya menabrak, untung tidak ada yang terluka," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji mengatakan pihak pemerintah desa sudah mendapat imbauan terkait potensi bencana cuaca pada musim hujan ini.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mencoba mengurangi potensi bencana dengan memotong ranting-ranting pohon yang sudah terlalu tinggi, dan membersihkan sampah-sampah disekitar selokan.

"Untuk jalan yang besar seperti ringroad memang ada drainase, namun jika curah hujan tinggi pasti air akan meluber juga. Itu bukan wewenang kami, mungkin dinas yang terkait bisa menindaklanjuti," katanya pada Jumat (9/11).

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman Sapto Winarno mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi.

"Tim pemeliharaan sudah turun ke lapangan sejak seminggu yang lalu," ungkapnya pada Jumat (9/11/2018).

Namun, Sapto mengatakan belum semua saluran drainase bisa teratasi, ia menegaskan pihaknya akan terus mengupayakan untuk melakukan normalisasi drainase yang ada di Sleman.

"Dengan upaya-upaya yang sudah kami lakukan, harapannya jika terjadi hujan deras, air tidak meluber ke ruas jalan," ujarnya.