Bank Pasar Kulonprogo Siapkan Kredit Lunak UMKM

Ilustrasi kredit usaha rakyat. - Ist./goukm.id
27 November 2018 15:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Perusahaan Daerah (PD) Bank Pasar Kulonprogo menyiapkan kredit lunak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menyambut pertumbuhan daerah di era beroperasinya New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Direktur Utama PD Bank Pasar, Joko Purnomo, berharap kredit lunak yang diberikan kepada masyarakat dapat memberikan efek ekonomi serta membangkitkan perekonomian masyarakat Kulonprogo. Ia menargetkan pertumbuhan sekitar 10%, baik dari segi pertumbuhan aset, pertumbuhan kredit dan pertumbuhan laba.

"Kami berharap dalam empat tahun ke depan pertumbuhan Bank Pasar Kulonprogo paling tidak sama atau lebih sedikit dibanding rata-rata pertumbuhan industri," kata pria yang belum lama dilantik menjadi direktur utama tersebut, Selasa (27/11/2018).

Selain berusaha untuk mencapai target yang sudah ditetapkan, ia juga akan menyelesaikan proses detailed engineering design pembangunan gedung Bank Pasar pada Desember 2018. Hal itu diupayakan agar progres pembangunan fisik bisa dimulai pada 2019.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengungkapkan sebuah usaha perbankan selain memiliki peran bisnis juga harus memiliki peran sosial. Bank milik daerah mempunyai fungsi sebagai revenue center yang tidak bisa diabaikan. Ia juga mengharuskan ada kebaruan yang muncul dalam manajemen Bank Pasar Kulonprogo.

Setidaknya ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi Bank Pasar Kulonprogo agar semakin maju. Misalnya saja kredit harus sehat dan produktif, serta mengembangkan human entrepreneurship. Hal lain lagi, Bupati meminta Bank Pasar Kulonprogo mulai memikirkan e-banking dan mobile banking, terutama dalam menghadapi Era Industri 4.0 “Kami [Pemkab] mendorong aset yang bisa likuid. Bank Pasar Kulonprogo bisa berlari lebih cepat lagi," ujarnya.