Field Trip Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan

Siswa-siswi Olifant Preschool menjajal aneka permainan dalam Olifant Troops Having Fun with Nature, belum lama ini. - Ist./Olifant Preschool
06 Desember 2018 12:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant School kembali mengajak anak-anak menikmati kegiatan belajar sambil bermain melalui Field Trip Olifant Preschool. Mengusung tema Olifant Troops Having Fun with Nature, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan.

Principle of Preschool Olifant School Y. Sekar Cahyaningrum mengatakan proses kegiatan bermain dan belajar secara eksploratif dan menyenangkan sesuai level usia anak sangatlah penting sebagai bagian dari proses stimulasi perkembangan anak.

"Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat dilakukan di luar lingkungan sekolah, salah satunya di lingkungan alam. Anak-anak selain belajar tentang alam namun juga dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan untuk menjaga kelestarian alam demi terciptanya hidup asri, aman dan nyaman," ujar Sekar dalam rilisnya kepada Harian Jogja, Rabu (5/12).

Sekar memaparkan tidak hanya belajar mengenal lingkungan alam dan sekitarnya. Anak-anak diharapkan mempunyai rasa percaya diri dan keberanian saat mengikuti berbagai macam kegiatan dan tantangan di setiap wahana outbound sesuai level usia.

Para siswa juga diajak bekerja sama dan kooperatif dengan teman satu kelompok selama berkegiatan. Kegiatan ini juga akan semakin membuat anak terampil dalam koordinasi mata, keseimbangan tubuh, konsep pengetahuan umum.

Kegiatan yang dilakukan antara lain menanam tanaman di polybag . Anak-anak diajak mengenal tanaman, cara menanam dan merawat tanaman. Kegiatan lainnya yakni menangkap ikan dan berbagai kegiatan ketangkasan dan keseimbangan tubuh seperti spider web, balok titian, rumah pohon, rintangan ban.

"Dalam kegiatan ini, juga ada kerja sama antara guru dengan orang tua baik dalam proses sampai pelakasanaan. Orang tua juga terlibat dalam kepanitiaan dan mengikuti proses persiapan terutama untuk ide-ide saat pelakasanaan," jelas Sekar.