Advertisement

Dewan Kulonprogo Desak Pemkab Bangun 12.000 Penerangan Jalan

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 13 Desember 2018 - 12:50 WIB
Bhekti Suryani
Dewan Kulonprogo Desak Pemkab Bangun 12.000 Penerangan Jalan Foto ilustrasi penerangan jalan/Antara - Mohamad Hamzah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Komisi III DPRD Kulonprogo, mendesak pemerintah kabupaten untuk membangun 12.000 titik penerangan jalan umum lewat Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Langkah ini diperlukan untuk percepatan realisasi pembangunan.

Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo Aji Pangaribawa, mengatakan saat ini Kulonprogo masih kekurangan sekitar 12.000 PJU yang tersebar di 12 kecamatan. Namun, dalam pemenuhannya terkendala minimnya anggaran. Sehingga dalam setahun hanya mampu memasang 200.

"Jadi diperkirakan membutuhkan 20 tahun menyelesaikan pemasangan 12.000 titik PJU," ucap Aji, dalam Diskusi Kelompok Terarah tentang KPBU, Rabu (12/12/2018).

Advertisement

Untuk itu, pihaknya mendorong pemkab agar menggandeng pihak ketiga dalam hal ini lewat skema KPBU. Selain pemenuhan PJU, sistem ini diharapkan bisa diterapkan dalam pembangunan infrastruktur Bedah Menoreh. Sebagaimana diketahui pembangunan ini meliputi Kecamatan Kokap, Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang.

"Pembangunan infrastruktur Bedah Menoreh akan berjalan lambat, bila hanya mengandalkan keuangan daerah, Pemda DIY atau melalui dana keistimewaan [danais]," ujarnya.

Dia mengatakan percepatan pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan. Sebab, selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan pelayanan dasar, juga untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antarwilayah.

"Namun hal ini membutuhkan komitmen, kemauan dan kebijakan pemerintah dalam percepatan pembangunan," katanya.

Pelaksana Harian Unit Manajemen Tim Pelaksana Percepatan Pembangunan Prioritas (TP5) DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan pihaknya tengah mengusulkan adanya pembuatan rencana induk yang terintegrasi lintas sektor dalam pembangunan infrastruktur dengan skema KPBU.

Pemda DIY lanjutnya, mengharapkan untuk skema KPBU Bedah Menoreh, harus ditepatakan potensinya seperti pariwisata atau budaya. "Sehingga perlu adanya pembenahan sumber daya manusianya, bukan hanya sekedar membangun infrastruktur dan sarana prasarananya saja, tapi SDM juga disiapkan dulu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement