Advertisement

Pola Asuh Tentukan Masa Depan Anak

Yogi Anugrah
Minggu, 16 Desember 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Pola Asuh Tentukan Masa Depan Anak Anak-anak menyanyi di acara Temu Penguatan Kapasitas Anak dan Keluarga (TEPAK) di Lapangan Garuda, Candi Prambanan, Sleman pada Sabtu (15/12/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Sosial (Dinsos) DIY menggelar kegiatan Temu Penguatan Kapasitas Anak dan Keluarga (TEPAK) di Lapangan Garuda, Candi Prambanan, Sleman pada Sabtu (15/12/2018). Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini dihadiri ratusan peserta ibu dan anak berusia di bawah enam tahun yang tergabung dalam Taman Anak Sejahtera (TAS) DIY.

Seto Mulyadi, psikolog, dan pemerhati anak, yang memberikan materi pada kegiatan itu, memaparkan pentingnya pola asuh yang baik dari ibu kepada anak, karena peran ibu, dinilai bisa menentukan masa depan anak-anak.

Advertisement

"Mulai sekarang, ngomel kepada anak diganti dengan nada indah, atau nyanyi, karena ngomel tidak baik untuk perkembangan anak, dan anak tentu lebih suka nyanyian," ujar pria yang akrab disapa Kak Seto itu, Sabtu.

Mantan Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak ini juga mengajak para orang tua untuk menghentikan tindakan kekerasan terhadap anak dan mulai meluangkan waktu setiap hari untuk mengajak anak-anak bermain.

"Bermain apa saja, mulai dari permainan tradisional, karena sangat bagus untuk tumbuh kembang anak," ujarnya.

Kepala Seksi Perlindungan Anak Dinsos DIY, Lilis Sulistiawati mengatakan kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi bagi orang tua dalam hal pola asuh terhadap anak, dengan begitu, katanya, orang tua akan memiliki kapasitas dalam pengasuhan anak.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Taman Anak Sejahtera (TAS) DIY merupakan forum yang dibentuk oleh Dinsos DIY untuk mewadahi anak-anak usia di bawah enam tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu agar lebih berani dalam menampilkan potensi yang dimilikinya.

"Pada kegiatan ini, juga ditampilkan hiburan mulai dari nyanyian dan tarian dari anak-anak," ujarnya.

Kepala Dinsos DIY Untung Sukaryadi berharap dengan adanya kegiatan ini, orang tua dapat memiliki pengetahuan lebih dalam mengasuh anak, sehingga anak bisa berkembang menjadi kreatif, gembira, dan pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement