Advertisement

Kawasan Malioboro Macet Parah, Kendaraan Masih Parkir Sembarangan

Sunartono
Selasa, 25 Desember 2018 - 17:50 WIB
Bhekti Suryani
Kawasan Malioboro Macet Parah, Kendaraan Masih Parkir Sembarangan Ilustrasi macet di Malioboro. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Libur Natal 2018 dan jelang Tahun Baru 2019 membuat Kota Jogja dipadati wisatawan dari luar daerah. Kemacetan parah terjadi di jalur menuju Kawasan Malioboro. Sayangnya masih ada sejumlah orang nekat memarkir kendaraan di jalur larangan parkir sehingga justru membuat kemacetan makin parah.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, jalur menuju Malioboro dari Jalan Pasar Kembang dialihkan menuju Stadion Kridosono. Namun kemacetan parah terjadi di sepanjang Bundaran Kridosono. Kepadatan itu memanjang hingga Jalan Wardhani, kawasan RS DKT hingga Jalan Letkol Subadri sebagai dampak pengalihan arus di bawah Jembatan Kleringan. Kepadaran serupa juga terjadi di kawasan Jalan Kusumanegara, Jalan Senopati hingga titik nol kilometer.

Advertisement

Kapolresta Jogja Kombespol Armaini mengakui adanya ketidakdisiplinan dari pengendara di tengah kemacetan di Kota Jogja selama libur Natal. Faktanya masih ada kendaraan yang nekat memarkir di jalur yang sudah ada rambu-rambu larangan parkir seperti garis berbiku-biku. Kenyataan itu justru membuat kemacetan semakin parah. Ia melihat kendaraan yang nekat parkir di jalur larangan parkir itu lebih banyak berpelat dari luar Jogja, sehingga kemungkinan belum memahami garis berbiku-biku. Namun, pihaknya tetap memberikan penindakan.

"Kalau yang kami lihat [ada yang parkir sembarangan] itu misalnya di Jalan Pasar Kembang, itu kan sudah ada garis [berbiku-biku] tetapi ada juga itu semalam dua atau tiga mobil yang nekat parkir, terpaksa kami tindak [tilang] dan kami minta pindah," terangnya, Selasa (25/12/2018).

Armaini menegaskan, untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang parkir di area terlarang, ia sudah memerintahkan kepada anggotanya di lapangan untuk melakukan patroli. Sehingga jika ada pengemudinya bisa langsung disuruh pindah ke tempat lain. Ia mengimbau kepada seluruh pengendara di kawasan Malioboro agar memarkir kendaraan di lokasi yang tepat. "Ada yang ditilang juga," katanya.

Ia menambahkan, sejak akhir pekan lalu hingga Selasa (25/12/2018), jalur menuju kawasan Malioboro selalu padat merayap. Pihaknya melakukan rekayasa dengan pengalihan arus dan buka tutup jalur ketika terjadi kepadatan hingga bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk informasi kantong parkir di kawasan menuju Malioboro. Tetapi meski terjadi kepadatan namun secara perlahan kendaraan masih bisa berjalan hanya saja sangat pelan.

"Tetapi kami melihat saat ini membludak, kendaraan dari luar banyak sekali, sementara kapasitas jalannya sempit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement