PEMILU 2014 : KPU Kota Jogja Tak Ubah Jadwal Penetapan DPT

12 September 2013 16:33 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

[caption id="attachment_446782" align="alignleft" width="349"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/09/12/pemilu-2014-kpu-kota-jogja-tak-ubah-jadwal-penetapan-dpt-446779/pemilu-dps-antara" rel="attachment wp-att-446782">http://images.harianjogja.com/2013/09/pemilu-DPS-antara.jpg" alt="" width="349" height="232" /> Warga mengamati Daftar Pemilih Sementara . (JIBI/Harian Jogja/Antara)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA- KPU Kota Jogja tidak akan mengubah jadwal penetapan DPT Pemilu 2014, meskipun Komisi II DPR menetapkan pengunduran jadwal hingga satu bulan karena banyak ditemukan permasalahan dalam daftar pemilih sementara.

"Sejauh ini kami belum menerima surat edaran atau penetapan apapun dari KPU RI, sehingga kami masih berpegang pada Surat Edaran Nomor 619 yang menyatakan bahwa DPT ditetapkan pada 13 September," kata Anggota KPU Kota Jogja Wawan Budiyanto, Kamis (12/9/2013).

Menurut dia, persiapan untuk penetapan DPT Kota Jogja sudah hampir selesai, dan kini sedang dalam proses pencetakan sebelum dibawa ke rapat pleno bersama Panwaslu Kota Jogja.

Dalam proses penetapan DPT, lanjut Wawan, juga tidak hanya akan dilakukan dengan rekapitulasi DPS dari masing-masing wilayah namun akan dilakukan proses pencermatan secara bersama-sama dengan PPK, partai politik, dan tokoh masyarakat.

Wawan menyebutkan, dalam DPS HP Akhir masih ada penambahan sejumlah pemilih yang terjadi secara merata di beberapa wilayah.

"Jika nanti ada keputusan dari KPU RI terkait pengunduran jadwal penetapan DPT, maka kami akan melakukan proses pembersihan data DPT yang sebelumnya sudah ditetapkan," ucapnya.

Proses pembersihan data tersebut dimaksudkan untuk membersihkan data dari pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti usia.

"Dimungkinkan ada pengurangan, namun untuk penambahan tidak bisa dilakukan. Pemilih baru bisa dimasukkan dalam DPT Khusus," ujarnya.