PEMILU 2014 : Jumlah TPS di Kota Jogja Bisa Berubah

10 Oktober 2013 13:19 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja menyatakan jumlah tempat pemungutan suara dimungkinkan masih berubah meskipun sebelumnya sudah ditetapkan adanya pengurangan jumlah dari 956 tempat menjadi 953 tempat.

"Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) akan disesuaikan dengan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan akhir pekan ini," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Nasrullah, Kamis (10/10/2013).

Menurut dia, perubahan jumlah TPS dimungkinkan apabila usai penetapan DPT terdapat jumlah pemilih lebih dari 500 orang dalam satu TPS sehingga harus dibagi dua, karena jumlah maksimal pemilih dalam satu TPS adalah 500 orang.

Sebelumnya, KPU Kota Jogja telah menetapkan jumlah TPS untuk Pemilu 2014 sebanyak 953 unit karena ada pengurangan tiga TPS atas persetujuan dari warga yang semuanya berada di Kelurahan Cokrodirjan Kecamatan Jetis.

Pengurangan tiga TPS tersebut merupakan hasil musyawarah dari warga dan pemilih dialihkan ke TPS lain yang terdekat. Pengurangan tersebut disebabkan kesulitan warga mencari lokasi yang representatif dan adanya kekurangan sumber daya manusia.