Advertisement

Dukuh Sawah Terpilih Menjadi Ketua Janaloka

Ujang Hasanudin
Minggu, 19 Januari 2014 - 15:51 WIB
Nina Atmasari
Dukuh Sawah Terpilih Menjadi Ketua Janaloka Ilustrasi kampanye (nukltimedia.journalism.berkeley.edu)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Anjar Gunantoro, Kepala Dusun (Dukuh) Sawah, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang terpilih menjadi ketua Paguyuban Dukuh se-Gunungkidul ‘Janaloka’ untuk periode 2014-2019.

Pria kelahiran 40 tahun lalu ini terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) II yang dihadiri 1200 dukuh di Balai Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Sabtu (18/1/2014).

Advertisement

Usai terpilih menggantikan Sutiyono ketua Janaloka yang kini menjadi Kepala Desa Banyusoco, Playen, belum banyak yang dia sampaikan program selama lima tahun kedepan. Untuk tahap pertama ia akan mendatangi seluruh kecamatan untuk membentuk kepengurusan Janaloka tingkat kecamatan dan desa.

Anjar juga menghimbau kepada semua dukuh untuk tidak membawa atribut Janaloka dalam menghadapi agenda pemilu nasional yang tidak lama lagi digelar. “Silahkan berpolitik secara pribadi tapi jangan mengatasnamakan Janaloka,” kata Anjar.

Dukuh, kata Anjar, bagian dari perangkat desa dan kepanjangan tangan pemerintah, maka harus membantu program-program pembangunan yang digulirkan pemerintah. Namun demikian ia juga akan mengkritisi program pemerintah tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat sampai pedukuhan.

Dewan Pembina Janaloka Sutiyono mengapresiasi keseriusan ketua Janaloka baru yang melarang dukuh untuk bermain politik praktis mengatasnamakan Janaloka. Mantan ketua Janaloka ini juga mengharap dukuh menjaga netralitas dan tidak mudah dimanfaatkan oleh calon-calon legislator yang akan bertarung dalam pemilu April mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement