PEMILU 2014 : KPU DIY Siapkan TPS Ramah Difabel

07 Februari 2014 17:11 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyediakan tempat pemungutan suara "ramah difabel" untuk memudahkan pelaksanaan pemungutan suara bagi penyandang difabel pada pemilihan umum legislatif 9 April 2014.

"Seluruh TPS, akan kami usahakan dapat diakses oleh seluruh penyandang disabilitas dengan mudah,"kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan, Kamis (6/2/2014).

Menurut Hamdan, pihaknya akan menerbitkan surat edaran kepada seluruh penyelenggara pemilu di kabupaten/kota. Surat edaran itu antara lain berisi ketentuan penyediaan TPS yang tidak menyulitkan penyandang difabel.

"Terkait teknis pelaksanaanya seluruh penyelenggara di kabupetan/kota nanti kami informasikan,"katanya.

Seluruh upaya pelayanan khusus untuk membantu penyandang difabel dalam pemilu mendatang, menurut dia, akan didukung dengan logistik khusus yang akan diakomodasi oleh KPU Pusat.

Menurut Hamdan, TPS "ramah difabel" itu, misalnya akan diwujudkan dengan membuat meja serta kotak suara lebih rendah sehingga penyandang difabel lebih mudah dalam memasukkan surat suara.

"Sehingga nanti pemilih yang memakai kursi roda tidak harus didampingi lagi. Kecuali kalau meminta,"katanya.

Sementara itu, menurut dia, KPU juga akan menyelenggarakan pelatihan kepada seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), serta kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mengenai pelayanan bagi pemilih difabel.

"Ada hal-hal yang perlu dipahami oleh panitia saat melayani pemilih difabel.Misalnya saja ada teman-teman difabel yang tidak suka kalau harus diangkat menuju bilik, itu perlu diperhatikan. Nanti mereka semua akan dilatih," kata dia.