MEGAPROYEK KULONPROGO : Pelabuhan Tanjung Adikarta Perlu Didukung Sarana Penangkapan Ikan

08 Februari 2014 16:39 WIB Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengungkapkan, sudah beberapa investor tampak tertarik dengan pengembangan kawasan industri di http://www.harianjogja.com/baca/2014/02/08/megaproyek-kulonprogo-penambangan-pasir-besi-ancam-usaha-perikanan-488079" target="_blank">Pelabuhan Tanjung Adikarta.

“Kami mengirim undangan ke Dirjen untuk meminta fasilitasi agar setelah peresmian, pelabuhan tidak mangkrak tetapi dapat langsung beroperasi,” katanya, saat menerima audiensi Direktur Jendral Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, Agung Mulyana, di Rumah Dinas Bupati, Jumat (7/2/2014).

Kebutuhan sarana untuk mengembangkan pelabuhan saat ini, sebutnya, antara lain, kapal 150 gross ton yang dapat mencapai 200 mil sehingga bisa memperoleh ikan-ikan yang besar, cool storage atau tempat pendingin, serta pendalaman pengerukan.

Hasto berharap, tempat pelelangan ikan yang terdapat di Karangwuni tidak hanya menjual ikan kecil tetapi juga ikan berukuran besar.

“Oleh karena itu dibutuhkan kapal besar yang dapat sampai lepas pantai, bukan hanya perahu-perahu dengan jangkauan tepi pantai,” tandasnya.